-->




Bersama Warga, Kapolsek Seruway Perbaiki Tanggul Muka Sei Kuruk

08 Februari, 2016, 19.55 WIB Last Updated 2016-02-08T16:32:24Z
ACEH TAMIANG - Kapolsek bersama masyarakat kawasan daerah aliran sungai Muka Sei Kuruk melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul sungai yang hampir jebol akibat digerus air sungai.

Sebagaimana diketahui, tanggul tersebut nyaris jebol akibat dihantam hujan deras selama tiga hari semenjak Jum'at (5/2/2016), hingga Minggu malam (7/2/2016).

  
Atas kejadian retaknya tanggul tersebut, Kapolsek Seruway, Iptu Ferdian Chandra S.Sos, langsung turun ke lokasi kejadian dan bersama warga Dusun Arung Gajah, Desa Muka Sei Kuruk.

Selain Kapolsek, terlihat juga pihak  Bhabinkamtibmas serta Babinsa Koramil Seruway dalam rangka melakukan gotong-royong bersama pemuda dan warga Dusun Arung Gajah untuk membuat tanggul darurat, dengan cara menyusun karung-karung yang telah di isi dengan tanah.

Pantauan lintasatjeh.com, di lokasi kejadian, Senin (8/2/2016), aksi gotong-royong secara manual yang dikoordinir langsung oleh Kepala Dusun Arung Gajah, Hasballah dan Sekdes Kampung Muka Sei Kuruk, Muhammad Rezki, baru dihentikan setelah siang hari, saat tiba alat berat jenis excavator.

Kapolsek Seruway, Iptu Ferdian Chandra S.Sos, mengapresiasi semangat kegotong-royongan para pemuda dan warga Desa Muka Sei Kuruk, khususnya di Dusun Arung Gajah dalam memperbaiki tanggul sungai yang nyaris runtuh.

Menurutnya, apabila dibiarkan maka diprediksi tanggul tersebut akan jebol dan menyebabkan banjir yang bukan saja menggenagi Desa Muka Sei Kuruk tapi desa-desa lain dan juga Peukan Seruway akan terkena imbasnya.

Sementara itu, Datok Desa Muka Sei Kuruk, Alfian melalui Kepala Dusun Arung Gajah, Hasballah menyebutkan, penanggulangan  ini hanya bersifat sementara. Nanti akan kembali abrasi karena posisi tanggul berada di tikungan air sungai.

Harapannya, dari aparat Desa Muka Sei Kuruk, Kecamatan Seruway, semoga camat segera meminta pihak Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk meninjau tanggul tersebut. Dan diusulkan pembuatan tanggul yang permanen dengan menggunakan tiang pancanering. [zf]
Komentar

Tampilkan

Terkini