-->








Program B3 akan Berlanjut ke Seluruh Sekolah Dasar di Aceh Utara

18 Oktober, 2016, 09.52 WIB Last Updated 2016-10-18T02:52:55Z
ACEH UTARA - Pelatihan Ketrampilan membaca dengan menggunakan Buku Bacaan Berjenjang (B3) di Gugus 2 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara pada hari ini, Senin (17/10) sudah memasuki Gugus terakhir dari 17 Gugus dampingan USAID PRIORITAS di Bumi Pasee. 130 Sekolah yang tergabung dalam gugus tersebut sudah dilatih tentang penggunaan Buku Bacaan Berjenjang kepada guru kelas awal, data yang diperoleh dari Kabid disdikpora bahwa total gugus tingkat sekolah dasar di Aceh Utara sebanyak 68 gugus yang tersebar di seluruh UPTD PK Kabupaten setempat.

Kabid Dikdas Disdikpora Aceh Utara Mawardi, S.Pd yang membuka langsung pelatihan B3 di Gugus tersebut langsung menegaskan, pelatihan yang sama akan terus berlanjut ke seluruh gugus yang masih tersisa sebanyak 51 gugus lagi untuk mendapatkan sentuhan ketrampilan praktik membaca Buku Bacaan Berjejang.

Hal itu penting untuk dilakukan agar Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Aceh Utara merata melalui pembekalan guru dalam membimbing siswa agar cepat bisa membaca dengan harapan mutu pendidikan juga meningkat.

“Itu PR, akan kami diskusikan ditingkat dinas membahas mekanisme dan format pelaksanaan kelanjutan terkait penyediaan buku dan tenaga fasilitator sebagai sumber daya daerah yang sudah di latih oleh USAID PRIORITAS,” sebut Mawardi yang merupakan ketua Literasi Aceh Utara saat ini.

Disamping menumbuh kembangkan budaya baca bagi anak didik disekolah Mawardi juga mengajak guru untuk lebih giat lagi membaca.

“Selama ini saya lihat banyak guru-guru kita memakai tas bermerek, isikan tas itu dengan buku supaya tas tersebut bernilai dan ganti kebiasaan menggosip dengan banyak membaca,” ajak kabid Dikdas.

Program Assistant USAID PRIORITAS Aceh Utara dan Bireuen Muhammad Idris dalam kesempatan itu juga menyampaikan, dengan terlaksana pelatihan di gugus 2 Syamtalira Aron berarti sudah mencapai 3600 Guru kelas awal dan kepala Sekolah SD/MI mendapatkan bimtek penggunaan buku bacaan berjenjang.

Untuk memastikan dampak dari pelatihan dan praktik B3 selama ini pihak Fasilitator daerah (fasda) sedang melakukan pedampingan dan monitoring di Sekolah-Sekolah dalam gugus yang sudah menggunakan buku tersebut.

“Peserta pelatihan dan fasda saat ini sedang melakukan praktik pedampingan dan monitoring untuk melihat dampak capaian serta success story bagi guru maupun anak didik, dan mereka juga meng iventarisir kendala dan tantanganya selama ini,” kata Muhammad. [Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini