-->




Bantu Pulihkan Kesehatan Mental, LSM IPA Berikan Trauma Healing

27 Desember, 2016, 23.51 WIB Last Updated 2016-12-29T16:34:20Z
PIDIE JAYA - Selain bantuan fisik, seperti makanan, baju dan sembako lainnya, para korban gempa bumi juga membutuhkan bantuan kesehatan mental karena trauma yang timbul dari bencana yang dialami. Seperti yang dilakukan Lembaga Swadaya Masyarakat Inspirasi Pemuda Aceh (LSM IPA) bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Trauma Healing untuk anak sekolah di Kabupaten Pidie Jaya, Selasa (27/12/2016).

Ismi Amran selaku Sekretasis LSM IPA mengatakan Trauma Healing sangatlah penting, melihat banyak anak-anak korban bencana alam mengalami trauma dan ketakutan yang berlebih ketika harus sekolah jauh dari orang tua mereka.

“Trauma Healing untuk anak-anak dilakukan dalam bentuk bermain atau hiburan agar mereka kembali tersenyum dan melupakan pengalaman yang tidak mengenakkan, sehingga dapat membantu anak keluar dari berbagai perasaan yang menakutkan seperti depresi dan lainnya,” ujar Ismi.

Ismi menambahkan kegiatan Trauma Healing akan dilaksanakan sebanyak 8 sekolah, SDN sebanyak 4 sekolah dan SMP sebanyak 2 dan SMA sebanyak 2 dimulai dari tanggal 27-29 Desember dengan melibatkan tim seniman Aceh Bang Jhoni Kapluk dan Nek Mando serta Konselor dari Universitas Jabal Ghafur Teuku Syahwal, M.Pd.

Kepala SDN Beuracan Kecamatan Meurudu M. Jakfar Daud, S.Pd, mengatakan trauma healing ini sangat bermanfaat, semoga besok semua murid bisa belajar sebagaimana biasanya. Di hari pertama ini baru ada sekitar 50% siswa yang hadir mungkin sebagian lagi masih enggan ke sekolah.

“Hari ini saya dan guru-guru disini sangat senang dengan kehadiran Bang Jhoni dan Nek Mando yang sangat menghibur. Kami melihat anak-anak sudah tersenyum dan bahkan yang enggan ke sekolahpun ikut hadir dan mengikuti Trauma Healing,” tutup Pak Jakfar.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini