KNPI Tutup Sosialisasi Pengawasan Pemilukada Bagi Pemilih Pemula

ACEH SINGKIL - DPD II KNPI Kabupaten Aceh Singkil menutup secara resmi acara sosialisasi pengawasan pemilukada bagi pemilih pemula se-Kabupaten Aceh Singkil. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pulau Banyak, Sabtu (04/02/2017).

Kegiatan sosialisasi bagi para pemilih pemula itu terlaksana berkat kerjasama antara KNPI dengan Panwaslih Aceh Singkil dengan menghadirkan para pemateri dari Kepolisian, Panwaslih, PGRI, Kobar-GB Aceh Singkil serta dari KNPI Aceh Singkil.

Sekretaris Panitia penyelenggara kegiatan, Wawan Darmawan mengatakan kegiatan sosialiasi yang dilaksanakan di SMAN 1 Pulau Banyak merupakan kegiatan yang terakhir.

"Dari 8 titik kegiatan yang dilaksanakan, untuk kegiatan yang dilaksanakan di SMAN 1 Pulau Banyak ini adalah titik terakhir kegiatan, dan turut serta dirangkaikan dengan penutupan kegiatan secara resmi," kata Wawan kepada LintasAtjeh.com.

Dalam sosialisasi di SMAN 1 Pulau Banyak, sambungnya, diikuti sebanyak 60 orang peserta atau para pelajar dari SMAN 1 Pulau Banyak dan dari SMAN 1 Pulau Banyak Barat, yang mana setiap sekolah diwakili 30 orang peserta.

"Alhamdulillah sejauh kegiatan yang telah dilaksanakan, peserta sangat antusias untuk mengikutinya, hal itu juga terlihat dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta kepada para pemateri pengawasan pemilukada,"  tambah pemuda yang akrab di sapa Bung WN ini.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD II KNPI Aceh Singkil, Azwar Ramnur, MM, MA, mengatakan KNPI bersama Panwaslih Kabupaten Aceh Singkil sejauh ini sudah berupaya untuk meningkatkan partisipasi pengawasan pilkada bagi para pemilih pemula menjelang Pemilukada 15 Februari 2017.

Tujuan dari kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut adalah untuk memberikan pengertian bagi pelajar tentang bagaimana tata cara dan peran para pelajar atau para pemilih pemula dalam pemilukada, dengan demikian, kata Azwar, para pelajar akan mengerti akan peran meraka dalam pesta demokrasi tersebut.

Pemilih pemula yang relatif berusia muda harus membantu mensukseskan pemilukada sebagai bagian dari Warga Negara Indonesia. “Sejauh ini kami sudah lakukan sosialisasi tentang pengawasan pilkada bagi pemilih pemula dengan cara turun langsung kesekolah-sekolah,” kata komisioner Panwaslih Aceh Singkil Zainuddin, S.Sos, yang membidangi Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran.

Panwaslih dan KNPI, kata dia, sejauh ini telah berupaya untuk menarik minat para pemilih pemula dalam hal ini para pelajar untuk ikut serta menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Gubernur/Wakil Gubernur Aceh dan Bupati/Wakil Bupati Aceh Singkil yang akan berlangsung pada 15 Februari 2017.

"Dengan memberikan pemahaman dan serta pendidikan bagi pemilih pemula juga dinilai merupakan langkah penting agar mereka tidak sembarangan dalam menentukan pilihannya. Apalagi, partisipasi pemilih pemula juga menentukan kemenangan dalam Pemilukada," pungkasnya.[AS/JML]

Baca Juga