-->




Kodim 0110 Abdya Galakkan Tanam Padi Sigupai

24 Februari, 2017, 16.04 WIB Last Updated 2017-02-24T09:09:58Z
ABDYA - Setelah sukses pada Musim Tanam (MT) Rendengan tahun 2016-2017  lalu, Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0110 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menggalakkan tanam padi varietas lokal Sigupai yang merupakan peninggalan satu-satunya yang menjadi produk unggulan lokal di daerah setempat.

“Kita telah instruksikan kepada seluruh Babinsa yang ada pada setiap Koramil untuk mencari lahan masyarakat yang tidak difungsikan untuk kita tanami padi varietas lokal Sigupai yang nantinya kita harapkan bisa kembali berkembang seperti sediakala,” sebut Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Puji Hartono kepada LintasAtjeh.com, Jumat (24/02/2017), di Blangpidie. 

Menurutnya, padi varietas lokal Sigupai yang selama ini sudah sangat jarang dikembangkan petani di wilayah tersebut. Dikarenakan bibit aslinya sudah susah didapat serta ditambah lagi umur yang katanya melebihi dari varietas padi lainnya yang selama ini ditanam petani setempat.

Namun, setelah jajaran Kodim 0110 Abdya mencoba varietas padi lokal tersebut ternyata yang ditakutkan masyarakat petani tidak terjadi.

"Hasil dan rasa berasnya memang punya khas tersendiri, walaupun umur padinya beda sedikit tapi ini harus dikembangkan supaya Abdya memiliki beras kebanggaan sendiri," jelasnya.

Lanjutnya, tidak hanya ingin mengembang varietas lokal yang dimiliki kabupaten setempat dengan personilnya saja. Tetapi lebih memotivasi masyarakat petani untuk kembali menggalakkan kearifan lokal yang nantinya akan dikenal dari seluruh penjuru dunia.

“Saya bersama seluruh anggota ingin sekali Abdya ini dikenal orang banyak dari seluruh Indonesia dengan cita rasa kearifan beras lokalnya yang enak dan wangi. Harapan itu akan terus saya tanam pada setiap pertemuan dengan seluruh masyarakat disini," demikian harapan Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Puji Hartono.[ADI S]
Komentar

Tampilkan

Terkini