-->








Tgk. Syekhy Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Irwandi-Nova

18 Februari, 2017, 09.14 WIB Last Updated 2017-02-22T12:58:22Z
BANDA ACEH - Tgk. Sufaini Syekhy Usman atau yang biasa disapa Tgk. Syekh atas nama mantan GAM dari Acheness Australian Association (AAA), tidak henti-hentinya mengikuti dan mengawasi proses pilkada dari tahapan awal hingga tahapan pencoblosan serta perhitungan suara saat ini baik dilakukan secara quick count ,maupun rill count.

"Tentu kami sangat mengapresi ke seluruh rakyat Aceh yang telah berpartisipasi dalam mengikuti pesta demokrasi dengan baik," demikian ujar Tgk. Syekhy kepada LintasAtjeh.com melalui pesan whatsapp mesenger, Sabtu (18/02/2017).

Lanjut dia, kami juga sangat mengapresiakan kepada seluruh Muspida, Polda dan jajaran, Pangdam Iskandar Muda bersama jajaran, Kabinda dan jajarannya, BAIS dan jajaran, jajaran Forkominda.

"Khususnya juga kepada yang sangat berkompeten KIP Aceh dan jajaran, serta Panwaslih Aceh atas berjalannya pilkada secara aman, damai dan kondusif," demikian Syekhy mengungkapkan terimakasihnya.

Masih kata dia, dalam hal ini, setelah kami mendapatkan informasi akurat tentang hasil perhitungan baik secara quick count maupun riil count, maka sudah hampir dipastikan Paslon nomor 6 menjadi pemenang yang mendapatkan suara tertinggi dari paslon lain.

"Kami mengucapkan selamat kepada pasangan Bapak Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah atas terpilih kemenangannya dan akan menjadi Gubernur-Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022," ucapnya.

Imbuh dia, kami juga meminta ke seluruh masyarakat dan tim sukses di semua kandidat untuk tidak terlalu eforia dalam menyambut kemenangan ini. Tapi mari kita bersyukur dengan memperbanyak membaca doa di masjid-masjid dan meunasah.

"Kami meminta ke seluruh kandidat yang tidak terpilih supaya dapat menerima hasil pilkada dengan lapang dada dan legowo. Supaya kita semua dapat membangun Aceh bersama kedepan dan tetap menjaga kedamaian di Aceh," tegasnya.

Terakhir, Tgk. Syekhy juga berharap kepada semua pihak untuk terus bersabar menunggu hitungan dan pengumuman resmi dari KIP Aceh, atas kemenangan pasangan Irwandi-Nova.

Sebelumnya, pasangan Irwandi-Nova menyampaikan hasil perolehan suara real count saat menggelar konferensi pers di Kantor DPD Partai Demokrat Aceh. Luengbata, Banda Aceh, Jum’at (17/02/2017) sore.

Adapun hasil perhitungan dan rekapitulasi suara berdasarkan formulir C1 yang diperoleh langsung saksi-saksi di masing-masing TPS seluruh Aceh, menempatkan Irwandi-Nova tetap bertahan di urutan pertama.

Sedangkan total suara yang sudah masuk ke Sekber Tim Irwandi-Nova yaitu sebanyak 2.166.475 suara atau sekitar 63,13% dari total seluruh DPT (Daftar Pemilih Tetap).Pasangan yang diusung PD, PNA, PDA dan PKB serta didukung PDIP ini mendapatkan sebesar 812.922 suara atau sebanyak 37,52 %.

Perolehan suara pasangan Irwandi-Nova jauh lebih banyak dari rival utamanya yakni pasangan calon dari nomor urut 5 Muzakir Manaf-TA Khalid. Paslon nomor urut 5 mendapatkan sebanyak 678.264 suara atau sekitar 31,31%.

Nova Iriansyah yang ditunjuk Irwandi menjelaskan hasil real count tersebut menyampaikan, Tim Irwandi-Nova total pemilih yang menggunakan hak pilih pada Pilkada Aceh serentak tahun 2017 ini adalah sebesar 66 persen dari total DPT yang ada yakni 3.434.722 orang pemilih.

Lanjut Nova, total suara yang masuk yaitu sebesar 2.166.475. Secara praktis, saat ini hanya tersisa sekitar 4% suara lagi yang belum terekap. Maka dirinya menyatakan apapun hasil dari rekapitulasi sebesar 4% suara sisa itu, tidak akan mengubah kemenanga Irwandi-Nova.

“Dengan sisa sebanyak 4 persen suara ini, maka tidak akan dapat mengubah peringkat yang ada. Kalau persennya mungkin akan ada perubahan, tapi untuk peringkatnya tidak akan bisa berubah dengan sisa suara itu,” sebutnya.

Adapun perolehan suara dari hasil real count yang dipaparkan Irwandi Nova yaitu, Tarmizi Karim-Machsalmina Ali sebanyak 361,053 suara atau 16,67%, Zakaria Saman-T Alaiddinsyah sebanyak 121,395 suara atau 5,60%, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab sebanyak 7,785 suara atau 1,74%, Zaini Abdullah-Nasaruddin sebanyak 155,056 suara atau 7,16%, Muzakir Manaf-TA Khalid sebanyak 678,264 suara atau 31,31%, Irwandi-Nova sebanyak 812,922 suara atau 37,52%.

Hasil pemaparan dari pasangan Irwandi-Nova ini kemungkinan besar akan sama dengan hasil yang dikeluarkan KPU. Hingga saat ini, hasil quick count yang ditampilkan laman resmi KPU menyatakan masing-masing calon mendapatkan; Tarmizi-Machsalmina 15,58%, Zakaria-Alidinsyah 4,72%, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa 1,82%, Zaini-Nasaruddin 7,70%, Muzakir Manaf-TA Khalid 31,45%, dan Irwandi-Nova 38,74% suara.[Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini