-->




Kisah 'Nyak' Siti Rohmat' Warga Miskin Desa Suak Bakong

27 Maret, 2017, 18.58 WIB Last Updated 2017-03-28T16:20:26Z
ACEH SELATAN - Kabupaten Aceh Selatan yang kaya raya dengan hasil bumi dan terkenal dengan buah pala ini ternyata masih menyisakan pekerjaan rumah untuk pemerintah daerah setempat.

Pasalnya, masih saja ditemukan warga miskin yang tergolong dhuafa. Bukan hanya karena kemiskinan ekonominya tapi juga karena kondisi rumah yang tak layak huni termasuk minimnya lapangan kerja.

Seperti kemiskinan yang dialami 'Nyak' Siti Rohmat, warga Desa Suak Bakong, Kecamatan Kluet Selatan.

Bukan hanya kemiskinan Ibu Rohmat yang mengetuk rasa keprihatinan, namun juga karena kondisi Ibu Rohmat saat ini serba kekurangan, bahkan kesehatannya juga menurun dan sering sakit.

Ibu Rohmat bahkan tak mampu membeli dan memiliki makanan untuk dirinya. Apalagi harus menanggung dan menghidupi tiga cucunya akibat orang tua dari cucunya mengalami depresi.

Suami Ibu Rohmat juga tidak memiliki pekerjaan tetap, hanya membantu orang berjualan ikan. Tentu penghasilannya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


Begitu juga dengan kondisi rumah Ibu Rohmat yang berdinding papan yang sudah lapuk. Lantainya pun dari papan yang sudah usang termakan usia. Rumah beratapkan rumbia itu, di dalamnya tidak ada kasur, kursi, kompor, kamar mandi apalagi TV yang seharusnya bisa dinikmati di era kemerdekaan ini.
Yang sedikit melegakan, Suami Ibu Siti Rohmat mengatakan kalau Pemda Aceh Selatan sudah memberikan rumah bantuan. Meski tidak ditempati karena ada kerusakan.

"Rumah bantuan yang diberikan Pemda sudah dibangun oleh kontraktor. Saya sudah tanda tangan serah terima rumah tersebut, namun kami belum bisa menempatinya karena listrik belum ada dan pipa pembuang ke WC rusak," kata Nurdin.

"Tapi kami tidak memiliki uang untuk memperbaiki itu," ujar Suami Rohmat yang dibenarkan 'Nyak' Siti Rohmat kepada LintasAtjeh.com.[Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini