125 Pembalap Ikuti Lomba di Aceh Besar



ACEH BESAR - Panglima Kodam Iskandar Muda bersama Bupati Aceh Besar membuka even IMTA Enduro Competition Bupati Aceh Besar CUP II Tahun 2017 yang diikuti 125 pembalap nasional dari berbagai daerah di Indonesia, Sabtu (15/04/2017).

Even yang digelar di Sirkuit Kuta Malaka tersebut dihadiri oleh Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fachruddin, Kasdam Iskandar Muda Brigjen Achmad Daniel Chardin Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, S.Sos. Forkopimda, pengurus IMI Provinsi Aceh, ratusan pembalap, dan ribuan masyarakat pencinta olahraga balap di Provinsi Aceh.

Dalam sambutannya, Bupati Mukhlis Basyah mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk membina dan mencari pembalap crosser terbaik, sehingga mampu mengharumkan nama daerah dan dapat diikut sertakan pada even-even tingkat daerah dan nasional pada tahun-tahun berikutnya.

"Dengan adanya lomba otomotif seperti ini, diharapkan bisa menyalurkan kreativitas positif bagi generasi muda dan seluruh penggemar olahraga bermotor  khususnya roda dua di Kabupaten Aceh Besar,” katanya.

Sambung dia, kegiatan dua hari ini diselenggarakan dalam rangka HUT Kota Jantho ke-33 tahun 2017. Hal tersebut untuk memperkenalkan keindahan alam Kabupaten Aceh Besar dan pencinta motor trail pada khususnya serta membantu menyalurkan kegiatan olahraga otomotif ke arah yang positif sesuai dengan sarana dan prasana yang ada.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat meminimasir penggunaan narkoba di kalangan generasi muda," imbuhnya.

Bupati Aceh Besar berharap, kepada seluruh peserta agar dapat bertanding secara fair dan menjunjung semangat sportivitas yang tinggi. Pihaknya juga terus berusaha dan menyempurnakan sirkuit Kuta Malaka yang akan menjadi salah satu destinasi tujuan wisata otomotif di Provinsi Aceh agar nanntinya akan menjadi sirkuit yang bertaraf nasional bahkan internasional.

"Rencana kita, di kawasan Kuta Malaka juga akan kita bangun sejumlah venue untuk menyambut Pekan Olahraga Aceh (PORA) tahun 2018 mendatang," pungkasnya.

Hal senada disampaikan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fachruddin. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan seperti itu sangat baik, karena dengan kegiatan ini dapat mencegah generasi muda balap-balapan liar di jalan raya yang menganggu dan membahayakan keselamatan masyarakat banyak.

"Dengan mengikuti lomba seperti ini, generasi muda dapat menyalurkan bakat dan minat mereka dan dapat berprestasi," tegasnya.

Sementara itu, Hamdani Basyah, SH, yang merupakan penanggungjawab kegiatan tersebut mengatakan bahwa IMTA Enduro Competition Bupati Aceh Besar CUP II Tahun 2017 di Sirkuit Kuta Malaka digelar dari 15-16 April 2017 dan diikuti 125 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepada pemenang, jelas Hamdani yang juga Asisten III Setdakab Aceh Besar, panitia menyediakan total hadiah Rp 100 juta dan sejumlah doorprice. Bahkan, untuk memeriahkan kegiatan tersebut panitia tidak memungut biaya masuk bagi para penonton.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga kegiatan ini berlangsung seru dan sukses,” pungkas Hamdani Basyah.[DW]

Baca Juga