-->








Antusiasme Dandim Aceh Selatan Melihat Mesin Tetas Telur Full Otomatis

30 April, 2017, 22.30 WIB Last Updated 2017-05-01T08:27:24Z
ACEH SELATAN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar menampilkan inovasi mesin tetas telur full otomatis dan alat pemisah kuning telur otomatis yang digelar pada stand pameran Taman Pala Indah II Tapaktuan, dalam rangka gelar Tehnologi Tepat Guna (TTG) Provinsi Aceh ke-XII tahun 2017, Minggu (30/04/2017).

Ada yang istimewa dalam gelar TTG yang ditampilkan DPMG Aceh Besar tersebut, selain meraih juara unggulan II juga menarik perhatian Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto yang saat ini sedang giat mengembangkan budidaya unggas seperti bebek peking dan ayam potong.

Terlihat, setelah selesai acara penutupan TTG ke-XII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 serta Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-14, Dandim langsung mendatangi stand pameran TTG Aceh Besar didampingi Kabid TTG Aceh Besar Farhan, Asisten I Erwiandi, S.Sos dan Kabag Pemerintahan Aceh Selatan H. Zulkarnain.

Kedatangan Dandim tersebut disambut oleh inovator TTG mesin penetas telur full otomatis digital, Samidan yang mempresentasikan cara kerja alat yang ia ciptakan tersebut.

"Keunggulan mesin otomatis ini memiliki pengatur suhu dan kelembaban pada thermostat digital, setting timer digital, rak roller full aluminium dan teropong telur led," jelasnya kepada Dandim.

Samidan melanjutkan, langkah-langkahnya, hidupkan terlebih dahulu mesin, lalu isi bak dengan 3/4 air bersih, mesin disetel suhunya dan kelembaban kemudian stabilkan kondisinya selama 3 jam.

"Telur yang akan ditetas, tata pada rak almunium dengan posisi tidur layaknya telur dieram secara alami, terakhir suhu dikontrol kembali hingga stabil dengan memperhatikan layar display thermostat," terangnya.

Mendengarkan presentase tersebut, Dandim terlihat antusias dan berkeinginan menggunakan mesin tersebut.

"Selama ini saya ambil unggas dari Medan, diperjalanan banyak yang mati. Kalau cara ini lebih efektif maka saya akan pertimbangkan," tutup Dandim.[Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini