CSC Kecam Management PT. GTA

ACEH TIMUR - Civil Sociaty Centre (CSC) mengecam Management PT GTA yang diduga membiarkan broker atau calo tenaga kerja di lokasi CPP Blok A di Desa Blang Nisam, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur.

Ketua CSC, Jupri Zainuddin, kepada LintasAtjeh.com, mengatakan menurut laporan yang diterima pihaknya dari korban bahwa cukup banyak masyarakat yang telah menyetorkan sejumlah uang kepada oknum yang berinisial MTR yang mengaku sebagai Humas di PT. GTA, dengan diiming-iming bisa mengurus pekerjaan di berbagai perusahaan yang ada di lokasi CPP Blok A Blang Nisam.

"Salah satu korban yang berasal dari Aceh Utara mengaku  telah menyerahkan uang sebesar 5 juta kepada oknum MTR dengan dijanjikan bekerja sebagai security di PT GTA yang merupakan salah satu perusahaan subcont di bawah PT.JEC," ujarnya.

Sambung dia, pihaknya menduga besarnya animo masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan dikarenakan faktor angka kemiskinan dan pengangguran cukup tinggi di Aceh pasca Konflik dan Tsunami, selain itu juga buruknya managemen rekrutmen tenaga kerja oleh perusahaan di CPP Blang Nisam merupakan salah satu faktor utama yang dimafaatkan oleh oknum calo untuk mencari keuntungan.

"Sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) akan mendampingi korban untuk melaporkan kasus ini kepada penegak hukum," imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya meminta kepada PT. Medco dan JEC untuk memutuskan kotrak kerja sama PT GTA, bila nantinya terbukti adanya konspirasi antara oknum Management PT GTA dengan MTR, hal ini sebuah bentuk komitmen perusahaan untuk mengindari praktek Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN)  di PT. Medco dan Perusahaan Subcont lainnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta Disnaker Aceh Timur untuk pro aktif turun kelapangan dan lakukan investigasi terkait penerimaan tenaga kerja apakah sudah sesuai dengan Undang-Undang dan Qanun Aceh atau belum, jangan hanya ongkang kaki aja dikantor dan menerima laporan diatas meja saja.

"Karena mereka di gaji oleh negara untuk melaksankan urusan pemerintah daerah mulai dibidang kesekretariatan, pembinaan dan penempatan tenaga kerja, hubungan industrial, perlindungan serta ketenagakerjaan, jadi sudah sewajarnya Disnaker Aceh Timur sesekali turun ke lokasi CPP Blok A Blang Nisam," pungkasnya.[Nas]

Baca Juga