Lintas Atjeh Sambangi Turis Jerman di Wisata Air Dingin

ACEH SELATAN - Pemandangan berbeda terlihat di lokasi objek wisata Air Dingin Kecamatan Samadua.Pasalnya di objek wisata satu pasang wisatawan asing asal Jerman sedang menikmati segarnya air pegunungan yang cukup populer di Aceh Selatan.

Hal tersebut terpantau LintasAtjeh.com, Selasa (11/04/2017) sore, saat melintas jalan nasional Tapaktuan-Blangpidie.

Yang mengejutkan, turis wanita berusia 24 tahun tersebut hanya mengenakan "bikini" saat menikmati dinginnya air objek wisata ini. Dan mungkin karena ketidaktahuan mereka. 

Melihat pemandangan janggal tersebut, LintasAtjeh.com yang tadinya menuju Labuhanhaji Barat tergerak putar arah untuk menasehati dan memberikan penjelasan kepada kedua wisatawan asal Jerman agar menjaga kesopanan dalam berbusana. Berbekal bahasa Inggris logat Amerika,Pimred LintasAtjeh.com kemudian menyapa kedua turis tersebut.

"Kita berikan nasehat, kepada kedua pasangan turis itu khususnya yang perempuan agar memakai pakaian lengkap karena di Aceh merupakan daerah syariat islam," kata Pimred LintasAtjeh.com, Ari Muzakki.

Kata dia, di lokasi wisata air dingin memang terlihat ada beberapa remaja yang sedang mandi dan menikmati segarnya air pegunungan wisata Air Dingin.

"Mereka malu menegur dua turis asal Jerman itu dikarenakan sulitnya berkomunikasi dalam bahasa Inggris," ujarnya.

Menurut Pimred LintasAtjeh.com, kita juga harus maklum atas ketidaktahuan mereka. Karena di kawasan Air Dingin tidak ada papan pengumuman larangan dalam bahasa Inggris.

"Kita harapkan Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan,bisa memasang informasi sekecil apapun tentang objek wisata dan larangan dalam bahasa Inggris. Ini jadi pengalaman agar kedepan wisatawan asing dapat menikmati objek wisata Aceh Selatan tanpa bertentangan dengan nilai-nilai kearifan lokal Aceh Selatan dan tidak melanggar hukum Syariat Islam," pintanya.[Red]

Baca Juga