PPWI dan Lintas Atjeh Belanja Informasi Wisata Kota Tapaktuan

ACEH SELATAN - Pengurus dan anggota PPWI Aceh dan wartawan Lintas Atjeh yang mengikuti diklat jurnalistik dalam rangkaian pelantikan DPC PPWI Aceh Selatan dan HUT Lintas Atjeh ke-3, melakukan praktek menulis 150 kata dalam waktu satu menit, Sabtu (08/04/2017).

Praktek menulis tersebut dirangkaikan dengan tamasya di objek wisata seputaran Tapaktuan. Menulis artikel ini sekaligus instruksi Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke dalam rangka melatih ketrampilan menulis para pewarta warga serta wartawan Lintas Atjeh.

Wilson mengingatkan kepada para peserta diklat untuk melakukan belanja informasi sebanyak mungkin selama perjalanan. Karena dengan tulisan artikel tersebut, dimaksudkan untuk mempromosikan objek pariwisata Tapaktuan.

“Silahkan belanja informasi. Daftar menu informasi ada beberapa, antara lain apa obyek wisata yang dikunjungi, dimana lokasi obyek wisata tersebut, kapan anda mengunjungi tempat itu, siapa saja yang berkunjung ke situ, saat ini, juga yang lalu-lalu. Mengapa dan/atau untuk apa anda maupun orang-orang lain berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Dan bagaimana caranya bisa sampai ke sana, juga bagaimana pendapat anda, juga pengunjung lainnya, terhadap tempat itu,” beber Wilson.
Pria yang akrab disapa Shony ini juga mengingatkan untuk mendapatkan informasi tentang yang dibutuhkan, lakukan wawancara, foto-foto, selfie-selfie, observasi, dll. Saat menulis artikel nanti, sertakan juga saran anda bagi masyarakat lokal, pemerintah, pengunjung, dan calon turis.

“Artikelnya ditunggu dan siap dipublikasikan di media-media yang anda kelola. Terimong geunaseh,” ujar Wilson sambil berseloroh.[Ar]

Baca Juga