Satgas TMMD Bersama Poltas Sosialisasi Pembuatan Keripik

ACEH SELATAN - Politeknik Aceh Selatan (Poltas) menggelar pelatihan pembuatan keripik buah dalam rangka mendukung program TMMD ke 98 Kodim 0107/Aceh Selatan.

Pembuatan keripik buah menggunakan tehnologi mesin vaccum fryer ini diikuti masyarakat Air Sialang Tengah, Kecamatan Samadua, Rabu (12/04/2017).

Kegiatan tersebut merupakan terobosan yang dilakukan mahasiswa Poltas jurusan industri untuk menunjang ketrampilan masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja bagi usaha rumah tangga di wilayah Aceh Selatan.

Dosen Poltas jurusan Teknik Industri, Safrida, S.ST, MT, menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini masyarakat jadi tahu teknik pembuatan keripik dengan menggunakan mesin vaccum fryer yang merupakan salah satu alat modern juga memiliki manfaat efisiensi waktu kerja.

"Dalam pengoperasiannya, cukup dilakukan minimal 2 orang saja. Dengan alat ini juga bisa menghemat waktu," ungkapnya.

Dijelaskannya, cara kerja mesin tersebut menggunakan uap. Sedangkan buah yang susah dikupas dapat dimasukkan ke dalam tabung penggoreng untuk diuapi, proses kerjanya maksimal 60 menit sesuai dengan kadar air yang terkandung dalam buah tersebut.

"Buah yang digunakan untuk dijadikan keripik khusus untuk yang berkadar air tinggi seperti nanas, nangka, salak, apel, mangga dan lain-lain," terangnya.[Delfi]

Baca Juga