TAGANA Asel dan Abdya Bantu Masa Panik Korban Kebakaran Kota Fajar

ACEH SELATAN - Sejumlah personel Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Aceh Selatan dibantu dari kabupaten tetangga Abdya dikerahkan untuk membantu pengungsi korban kebakaran di Kota Fajar. Tenda dan dapur umum lapangan didirikan di lokasi pengungsian tepatnya di Lorong Taqwa Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan.

Koordinator TAGANA Aceh Selatan, Muhammad Adam kepada LintasAtjeh.com mengatakan untuk jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 1 rayon atau 9 personel.

"Untuk perkuatan kita didukung TAGANA dari Abdya. Selain itu juga berkoordinasi dengan Pemda, Muspika, TNI dan POLRI," sebutnya.

"Saat ini kami dirikan satu tenda peleton untuk pengungsi yang tidak kebagian tempat hunian sementara. Selain itu, kami juga sediakan satu mobil truck dumlap (Dapur Umum Lapangan) untuk pengungsi," terang M. Adam didampingi Staff Logistik, Syaiful.
Sementara Koordinator TAGANA (Taruna Siaga Bencana) Abdya, Yasri Gusman didampingi Ahmad Farmasi selaku petugas dapur umum, mengatakan tim dari Abdya membantu TAGANA Aceh Selatan dalam rangka perkuatan dalam penanggulangan bencana kebakaran di Kota Fajar.

"Kegiatan atas perintah Dinas Sosial Provinsi Aceh. Kami berjumlah 10 orang dan tiba tadi sore sekitar jam 17.00 WIB," jelasnya.

Lanjut dia, adapun tim bergerak dari Abdya dengan membawa satu unit Rescue Unit. Sedangkan bantuan untuk korban kebakaran akan dibawa besok bersama Kadis Sosial Provinsi Aceh.

Dijelaskan Yasri, untuk besok akan hadir dukungan psiko sosial dari Dinsos Provinsi Aceh.

"Ini untuk mendampingi korban anak-anak untuk memberikan trauma healing agar mereka tidak larut dalam kesedihan dan kedukaan," demikian ujarnya, Rabu (19/04/2017).[Red]

Baca Juga