Tim Lintas Atjeh Kunjungi Gajah di CRU Trumon

Pimred dan Wartawan Lintas Atjeh foto bersama dengan para Mahot

ACEH SELATAN - Pimpinan Redaksi Lintas Atjeh, Ari Muzakki bersama jajarannya melakukan silaturahmi ke Kawasan Koridor Satwa CRU Trumon, yang beralamat di Gampong Naca, Kecamatan Trumon Teungoh, Kabupaten Aceh Selatan. Acara silaturrahmi yang dilakukan dalam rangka merayakan HUT LintasAtjeh.com ke-3, Kamis (06/04/2017).

Kedatangan rombongan Lintas Atjeh disambut Koko selaku Ketua Mahot CRU Trumon, mewakili Koordinator CRU Trumon, Rusdi. Dengan penuh ramah tamah, Koko kemudian menceritakan kondisi CRU Trumon sebagai tempat pemeliharaan gajah jinak untuk membantu dalam mitigasi bencana penanggulangan konflik gajah dengan manusia.

Pimred Lintas Atjeh, Ari Muzakki mengungkapkan perlunya jaringan media melakukan sinergitas untuk mempopulerkan CRU Trumon dalam rangka melestarikan hewan raksasa yang selama ini kondisinya mulai terancam habitatnya akibat seringnya terjadi konflik dengan warga.

“Media punya peran dan kewajiban sebagai sahabat satwa agar keberadaan hewan asli Pulau Sumatera ini terlindungi. Masyarakat mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga kelestariannya,” ujar Ari Muzakki.

Sebagai informasi, CRU Trumon saat ini berpenghuni lima ekor gajah dewasa dan beberapa waktu yang lalu bertambah satu bayi gajah yang saat ini baru berusia 20 hari.

"Bayi gajah yang lahir kemarin diberi nama Intan oleh Gubernur Aceh. Bayi gajah anak Induk bernama Siska ini memiliki berat badan lebih kurang 200 kg. Sedangkan Siska sendiri memiliki bobot fantastis lebih kurang 3 ton," ungkap Rama Liyadi selaku Mahod (Pawang) Siska kepada LintasAtjeh.com, Kamis (06/07/2017) lalu.

"Kami setiap harinya menjaga dan merawat, serta melatih gajah tersebut. Sejauh ini mereka sudah pandai beradaptasi dengan manusia dan hewan lainnya. Kondisinya cukup sehat," tutup Rama Liyadi.[Mfd]

Baca Juga