UNBK dan UNKP di Aceh Selatan Lancar Tapi Kekurangan Komputer

ACEH SELATAN - Sebanyak 23 SMA/MA di Aceh Selatan melaksanakan UNBK dan 20 SMA/MA melaksanakan UNKP tahun pelajaran 2016/2017 yang berlangsung sejak 10-13 April 2017.

Adapun SMK semuanya yang melaksanakan UNBK yakni ada 11 sekolah dan pelaksanaannya sudah berlalu sejak tanggal 3-6 April 2017 yang lalu.

Tahun ini ada 2.048 peserta yang ikut UNBK tingkat SMA/MA dan 888 peserta yang ikut UNKP SMA/MA dimana peserta UNBK SMK sebanyak 436 perserta.

Ketua Panitia UN tingkat SMA/MA/SMK Kabupaten Aceh Selatan, Drs. Abd. Razak yang juga Kepsek SMKN Trumon Timur didampingi OP UN tingkat SMA/MA/SMK Kabupaten Asel Asmawi, S.Pd, sekaligus Guru SMAN 1 Bakongan Timur mengatakan ujian berjalan lancar.

"Alhamdulilah pelaksanaan UNBK dan UNKP berjalan lancar tanpa ada kendala yang signifikan seperti dengan adanya pemadaman listrik beberapa menit dan sedikit kurang arus juga kendala teknis di beberapa sekolah tapi tidak berpengaruh pada kelancaran pelaksanaan UNBK," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, untuk sekolah-sekolah pelaksana UNBK masih banyak sekolah yang masih kekurangan komputer, server, ups dan juga ruangan.

Untuk memenuhi kebutuhan komputer kebanyakan sekolah meminjam laptop guru/TU dan siswa juga ada yang pinjam pakai dengan pihak lain.

"Begitu juga untuk sekolah yang jumlah siswanya banyak sedangkan lab komputer cuma satu maka terpaksa menggunakan ruang kelas kosong atau ruang lain untuk tempat pelaksanaan UNBK. Harapan semua sekolah kedepan pemerintah dapat memberi bantuan komputer, server dan ups pada sekolah-sekolah pelaksana UNBK," pintanya.

"Diperkirakan tahun depan Kabupaten Asel tingkat SMA/MA/SMK semuanya akan melaksanakan UNBK. Untuk pengawas ruang masih seperti tahun-tahun sebelumnya yakni pengawas silang yang diambil di sekolah-sekolah terdekat. Selama SMA sederajat beralih ke provinsi maka Kabupaten Aceh Selatan, Subulussalam dan Singkil bernaung dibawah UPTD PPMG Wilayah IX Tapaktuan," tandas Drs. Abd. Razak.[Red]

Baca Juga