Wabup Abes Buka Bimtek Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga

BANDA ACEH - Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Masyarakat (Ditjen Paud dan Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Aceh Besar menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyelenggaraan pendidikan keluarga pada satuan pendidikan yang berlangsung di Aula Grand Aceh Hotel, Lamdom, Kota Banda Aceh, Senin (17/04/2017).


Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Aceh Besar Dr. Syamsulrizal, MKes, bertujuan untuk memperkuat kemitraan antara orang tua (keluarga), satuan pendidikan dan masyarakat dalam mendukung peningkatan prestasi anak. Dimana keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peran penting dalam pendidikan anak sehingga anak mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini.


"Pendidikan yang pertama dan utama berasal dari keluarga karenanya mari kita didik dan jaga keluarga kita dari pengaruh buruk seperti narkoba dan hal negatif lainnya," ujarnya.


Menurut Wabup Aceh Besar, pendidikan yang pertama dan utama adalah pendidikan keluarga. Dimana anak akan mendapat asah asih asuh agar jadi manusia seutuhnya berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia cerdas pintar dan berprestasi.

"Pendidikan keluarga mencerdaskan bangsa dan juga pendidikan harapan Indonesia jaya," tutur Syamsulrizal yang sekaligus menjadi pemateri pada Bintek tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Aceh Besar yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, T. Zahlul, SE, mengatakan Bimtek yang berlangsung mulai 17 hingga 19 April 2017 dengan menghadirkan fasilitator dari Kemendikbud RI dan daerah.

Kegiatan diikuti 50 peserta meliputi para kepala sekolah, Kepala PAUD dan unsur pendidikan terkait dalam wilayah Aceh Besar memberikan materi teori dan simulasi.

Adapun pemateri dalam kegiatan bimbingan teknis ini yakni Rudi Miswanto, MPd dan Triana Utary, S.PSi, yang memaparkan materi tentang teknis kelompok. Adi Irawan, ST, dengan materi kebijakan teknis pelibatan keluarga dan masyarakat di satuan pendidikan, Elly Yuliana, S.Pd, dengan materi pelaksanaan kelas orang tua, Kostaman, S.Sn, dengan materi pengasuhan positif.


Kemudian Prof. Dr. Syafe'i Ibrahim, MSi, dengan materi pendidikan keluarga di era digital dan seorang psikolog, Devi Yanti yang akan memberi pemaparan tentang dukungan psikologis awal bagi anak.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Pengurus MPD Aceh Besar Dr. Silahuddin, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Dinas P dan K Aceh Besar, Anita, SPd dan sejumlah kepala satuan pendidikan dalam wilayah Aceh Besar.[DW]

Baca Juga