1.500 Peserta Meriahkan Gowes Pesona Nusantara di Aceh Besar

ACEH BESAR - Sebanyak 1.500 peserta mengikuti dan memeriahkan Gowes Pesona Nusantara 2017 yang dimulai dari Rumah Cut Nyak Dhien di Gampong Lampisang, Kecamatan Peukan Bada dan finish di Pantai Pulau Kapok, Kecamatan Lhoknga, Minggu (14/05/2017).

Kegiatan yang berlangsung sukses dan meriah tersebut terlaksana berkat kerjasama Pemkab Aceh Besar, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, serta didukung oleh sejumlah donatur lainnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Plt Sekdakab Aceh Besar Drs. Iskandar, M.Si, Forkopimda Aceh Besar, Kadispora Provinsi Aceh Musri, para pejabat SKPD Aceh Besar, para camat, generasi muda, dan tokoh-tokoh masyarakat. 

Dalam kesempatan itu, Deputi III Kemenpora Republik Indonesia Dr. Raden Isnanda, M.Pd, Bupati Aceh Besar, dan sejumlah pejabat lainnya ikut berbaur dan mendayung sepeda bersama 1.500 peserta lainnya.

Deputi III Kemenpora Republik Indonesia, Dr. Raden Isnanda, M.Pd, menyatakan kegiatan Gowes Pesona Nusantara tersebut merupakan upaya mengolahragakan masyarakat serta dukungan terhadap pengembangan potensi wisata, termasuk yang ada di Kabupaten Aceh Besar. 

"Saya lihat, Aceh Besar ini memiliki potensi wisata dan olahraga yang sangat baik, termasuk lokasi peninggalan sejarah seperti Rumah Cut Nyak Dhien. Beliau (Cut Nyak Dhien) merupakan pahlawan wanita yang sangat terkenal dan pemberani. Nilai-nilai kepahlawanan ini harus diteruskan oleh generasi muda dan masyarakat kita saat ini," ungkapnya. 

Dijelaskannya, Gowes Pesona Nusantara tersebuti memilih rute yang terus menyambung dari satu daerah ke daerah lainnya secara serentak dari empat titik terluas Indonesia, yaitu Sabang, Merauke, Tarakan, dan Atambua. Kegiatan tersebut melewati 136 kabupaten/kota dengan melintasi 34 provinsi sejauh 5.000 kilometer.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, S.Sos, menjelaskan berbagai potensi wisata dan pesona yang dimiliki Aceh Besar kepada Deputi III Kemenpora dan sejumlah tamu terkait lainnya dari Jakarta. 

Dikatakannya, Pemkab Aceh Besar akan terus mendukung berbagai langkah dan upaya strategis dalam memajukan dunia olahraga dan potensi wisata yang ada di daerah itu.

"Kerjasama dengan Kemenpora, seperti dengan terlaksananya Gowes Pesona Nusantara 2017 ini, menurut Bupati Aceh Besar, akan sangat bermanfaat untuk lebih memacu prestasi olahraga dan meningkatkan motivasi masyarakat menggerakkan kegiatan olahraga dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Mukhlis Basyah menilai, Gowes Pesona Nusantara yang dimulai dari Kota Sabang, dilanjutkan ke Kota Banda Aceh, dan Aceh Besar, serta ke kabupaten/kota lainnya di Indonesia, adalah langkah positif sehingga diharapkan semakin meningkatkan prestasi dunia olahraga dan pengembangan pariwisata yang dimiliki kabupaten/kota masing-masing. 

"Kita berharap, kegiatan seperti ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang," tambahnya.

Saat berada di lokasi wisata Pantai Pulau Kapok, Kecamatan Lhoknga, Bupati Mukhlis Basyah didampingi Deputi III Kemenpora, Forkopimda Aceh Besar,  dan Duta Ayo Olahraga yang juga juara dunia bulutangkis era tahun 80-an Icuk Sugiarto melepas Tim Touring yang berjumlah 15 pembalap sepeda dari berbagai provinsi di Indonesia menuju Kota Sigli. 

Selanjutnya, tim touring tersebut akan bergerak sejauh 5.000 Km dan direncanakan finish pada peringatan Haornas tahun 2017 mendatang di kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Sementara itu, Kadisparpora Aceh Besar, Drs. Sulaimi M.Si, menambahkan kegiatan Gowes Pesona Nusantara ini disambut baik oleh masyarakat dan kalangan olahragawan di Aceh Besar. Apalagi, di akhir kegiatan, para peserta berhak mengikuti doorprice yang menyediakan berbagai hadiah menarik, termasuk hadiah utama dua unit sepeda motor roda dua. 

"Mudah-mudahan, Kemenpora akan terus melanjutkan kerjasama ini di tahun-tahun mendatang," katanya.[DW]

Baca Juga