ADD Tidak Transparan, Besok Warga 'Sepuluh' Desa di Manyak Payed Gelar Unras


IST
ACEH TAMIANG - Dikabarkan bahwa ratusan warga masyarakat dari 10 (sepuluh) desa yang berada di Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang akan menggelar aksi unjuk rasa damai ke kantor camat dan Mapolsek setempat, Selasa (09/05/2017).

Informasi yang dihimpun LintasAtjeh.com, Minggu (07/05/2017) kemarin, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi unjuk rasa besok, bernama Junaidi, warga Desa Benteng Anyer, dan Wakorlap bernama Asnawi, warga Desa Dagang setia, Kecamatan Manyak Payed.

Adapun nama-nama desa yang warganya ikut melakukan aksi unjuk rasa adalah Desa Ie Bintah, Geudham, Alur Sentang, Ujung Tanjung, Benteng Anye, Senebuk Punti, Dagang Setia, Alue Ie Puteh, Raja Tuha serta Desa Sapta Marga. Titik kumpul massa pengunjuk rasa di Pasar Hewan Desa Ie Bintah, dan bergerak ke kantor Camat Manyak Payed sekira pukul 09.00 WIB.

Wakil Koordinator Lapangan (Wakorlap) aksi unjuk rasa, Asnawi kepada LintasAtjeh.com mengatakan bahwa aksi unjuk rasa di Kantor Camat Manyak Payed besok akan digelar secara damai. Massa akan menyuarakan aspirasi dan tuntutan terkait pengelolaan dana ADD di desa mereka masing-masing yang terindikasi tidak transparan, juga tidak tepat sasaran.

Menurut keterangan Asnawi, sampai saat ini sebagian besar para datok penghulu di Kecamatan Manyak Payed belum melaksanakan pertanggung jawaban dana ADD. Oleh karena itu, massa pengunjuk rasa besok akan meminta pihak Inspektorat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang agar segera turun ke desa-desa di seluruh Kecamatan Manyak Payed untuk melakukan pengecekan langsung setiap pembangunan yang menggunakan dana ADD.

Dia menambahkan, setelah selesai menggelar aksi di kantor camat, seluruh massa akan beranjak ke Mapolsek Manyak Payek dan meminta kepada pihak keamanan dari Mapolsek Manyak Payed untuk mendampingi tim Inspektorat pada saat melakukan pengecekan seluruh pembangunan yang memakai dana ADD disetiap desa. Hal ini untuk menghindari adanya dugaan permainan antara tim Inspektorat dengan datok penghulu.

"Aksi unjuk rasa damai besok sudah mendapat izin dari Sat Intelkam Mapolres Langsa," demikian terang Asnawi.

Terkait akan adanya aksi unjuk rasa besok, Camat Manyak Payed, Wan Irwansyah saat dikonfirmasi menyampaikan dirinya belum mengetahui informasi itu dan ia akan mengecek ke Sat Intel Polres Aceh Tamiang

"Saya belum dapat info tetang hal tersebut, besok saya cek ke Sat Intel Polres Langsa tentang hal tersebut dan mulai hari senin hingga 2 (dua) minggu ke depan, tim Inspektorat Kabupaten Aceh Tamiang sudah mulai melakukan audit ADD Tahun 2016 ke masing-masing kampung dalam Wilayah Manyak Payed," terang Wan Irwansyah.[Zf/Sm]

Baca Juga



close
Banner iklan disini