Dongeng Keliling, Mengukir Senyum dalam Sejarah Sahabat Nabi

ACEH BESAR - Lembaga Dakwah Kampus Al Ihsan Fakultas Pertanian Unsyiah mengadakan kunjungan langsung ke Yayasan SOS Children's Villages Aceh Besar. Kunjungan ini dalam rangka penyampaian sejarah sahabat nabi yang dapat dipetik nilai moralnya.

Kegiatan ini diberi nama "DONGLING" singkatan dari dongeng keliling. Dongling perdana ini membawakan kisah berjudul "Uwais Al-Qorni si Penghuni Langit" yang pesan moralnya berbakti pada orang tua. Kegiatan ini berlangsung pukul 16.35 WIB, Sabtu (20/05/2017).

Acara ini dipandu langsung oleh Rival Perwira selaku Ketua Departemen Syiar LDK Al Ihsan. Serta disambut baik oleh Kepala Yayasan yakni Bapak Rinaldy, S.E, yang merupakan alumni Universitas Syiah Kuala.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan menyampaikan ini kunjungan  pertama yang dilakukan LDK Al Ihsan, beliau juga berharap kegiatan ini bukan kegiatan terakhir dari Lembaga Dakwah Kampus ini.

Beliau juga mengungkapkan banyak pula dari organisasi kemahasiswaan lain Universitas Syiah Kuala yang mengadakan kunjungan ke yayasan yang dipimpinnya, ia berharap ini bisa terus berlanjut.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada LDK Al Ihsan Fakultas Pertanian Unsyiah yang telah berkenan mengunjungi yayasan kami dalam rangka dongeng keliling. Ini merupakan kunjungan pertama dari lembaga ini, saya berharap ini bukan yang terakhir," ujarnya.

Antusiasme adik-adik yayasan terlihat jelas dari keseriusan mereka mengikuti acara. Senyum terukir di wajah mereka, saat Elya Sukmawati sebagai pendongeng memainkan boneka tangan sambil menceritakan kisah Uwais.

Kegiatan ini dilaksanakan di taman yayasan bersama sekitar 40 peserta dan beberapa pembina. Untuk menguji keseriusan serta tersampaikannya pesan moral dalam kisah ini, panitia memberikan pertanyaan dengan imbalan doorprize untuk lima orang. Kelima pertanyaan yang diberikan panitia dijawab dengan cermat oleh adik-adik tersebut.

Para pembina yayasan menyampaikan hal yang sama dengan kepala yayasan, mereka sangat senang dengan kegiatan ini dan berharap kunjungan ini terus berlanjut.

Ketua umum LDK Al Ihsan juga menyampaikan kegiatan ini akan terus dilanjutkan ke yayasan lainnya. Beberapa orang adik-adik yang ditanyai member tanggapan positif dan meminta agar kegiatan ini diadakan kembali di yayasan mereka. 

"Mereka mengaku sangat senang dengan kehadiran mahasiswa yang berkunjung ke yayasan mereka," ujarnya.[Rls]

Baca Juga