Jelang Buka Puasa Warga Padati Pasar Musiman Lhoknga

ACEH BESAR - Kehadiran puluhan pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman berbuka puasa di bulan suci ramadhan sepertinya sudah tidak asing lagi setiap tahunnya.

Aneka ragam jajanan berbuka seperti cendol, air kelapa muda, pecal, ie tubee, dan aneka kue-kue lainnya bisa didapati pembeli untuk menambah hidangan berbuka.

Kehadiran puluhan lapak pedagang jajanan berbuka (takjil) bermacam menu bukaan yang dipenuhi pengunjung di sore hari pertama seperti menambah kemeriahan bulan suci ramadhan.

Penampakan para pedagang musiman kali ini terjadi dipersimpangan jalan Lampu'uk dan jalan nasional arah ke PT.Cement Lafarger Lhoknga Aceh Besar, Sabtu (27/05/2017).

Tampak semua lapak para pedagang yang berjualan jajanan berbuka puasa langsung diserbu masyarakat yang sangat antusias melihat rak makanan yang penuh kue-kue segar.

Seorang pengunjung, Ibu Ani kepada LintasAtjeh.com mengatakan sangat senang bisa membeli untuk menambah hidangan berbuka. Seperti setiap tahunnya, kata dia, pasar ini selalu ramai dan sudah pasti menimbulkan kemacetan.

“Suasana bulan puasa sangat terasa. Namun yang sulit didapati di sini yaitu boh timon Aceh," katanya.

Maka dia bersama suaminya harus ke pasar Lambaro untuk mencari timun yang dikenal sebagai suguhan segar dan sangat akrab dengan minuman khas berbuka di Aceh.

Seorang pengunjung lainnya yaitu Nurddin warga Keudai Bieng Lhoknga, mengatakan seperti tahun sebelumnya menu yang dicari-cari makanan pembuka adalah leumang.

“Leumang di sini sangat gurih dan enak, tetapi di tempat lain juga sama cita rasanya. Tidaklah lengkap jika berbuka belum ada leumang di meja makan," ungkapnya.

Menurutnya, kenyamanan dan kebersihan lapaknya perlu diperhatikan kembali.

"Kami berharap supaya pedagang ini didukung penuh oleh pihak terkait supaya suasana bulan ramadhan semakin meriah, dan jajanan di kaki lima bersih juga layak dimakan," pintanya.[DW]

Baca Juga



close
Banner iklan disini