Mastutin Terima Bantuan Jamban Dari Koramil 05/Samadua

ACEH SELATAN - Koramil 05/Samadua Kodim 0107/Aceh Selatan memberikan bantuan jamban sekaligus melaksanakan kegiatan karya bhakti pembuatan jamban di rumah Mastutin (49), warga Desa Gunung Cut, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (30/05/2017).

Mastunin adalah seorang nelayan, yang sehari-hari memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mencari ikan ke laut dengan menggunakan perahu kecil. Kehidupannya bisa dibilang berada di level ekonomi bawah.

"Beginilah kehidupan keluarga kami, sehari belum tentu dapat tangkapan ikan tapi  bersyukur masih bisa berteduh di gubuk ini, walaupun belum bisa bangun toilet," ungkapnya kepada Pendim Aceh Selatan.

Menyikapi kondisi warga seperti itu, maka Kodim 0107/Asel melalui Koramil 05/Samadua terus melakukan pendataan terhadap masyarakat yang belum memiliki  jamban melalui program "Seribu Jamban". Bantuan ini diprioritaskan kepada masyarakat miskin  yang merupakan bentuk kepedulian TNI dengan kesehatan masyarakat di wilayah binaannya.

Danramil 05/Samadua bersama Babinsa menuturkan pembangunan jamban gratis kepada masyarakat miskin dapat membantu masyarakat menuju perilaku hidup bersih dan sehat. Dengan jamban sehat, sehingga akan terhindar dari penyakit.

"Sebab, masih ada warga yang rumahnya tak punya jamban, jika hendak buang air besar, mereka harus turun ke sungai atau kebun yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Atau mereka punya jamban, tapi tidak standar sebagai jamban sehat,” imbuhnya.

Program jambanisasi akan terus dilaksanakan sepanjang tahun, disamping dapat meringankan beban rakyat, juga jalinan komunikasi sosial akan juga tercapai guna memperkokoh kemanunggalan TNI.

Penerima bantuan Jambanisasi di Kecamatan Samadua, Mastunin (49) mengucapkan terima kasih banyak kepada para TNI atas bantuan yang di berikan kepada Keluarganya.

“Terima kasih banyak untuk TNI, khususnya Koramil Samadua yang telah membantu,” tutupnya.[Haes]

Baca Juga



close
Banner iklan disini