Muhammad Sirot Kembali Pimpin SENKOM MITRA POLRI

JAKARTA - SENKOM (Sentra Komunikasi) MITRA POLRI -selanjutnya disebut SENKOM- menyelenggarakan Musyawarah Nasional ke-3, pada Rabu-Jumat 10-12 Mei 2017, di Asrana Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Peserta Munas mencapai 3.000 orang, berasal dari perwakilan pengurus di 34 propinsi, dan 495 kabupaten/kota yang kepengurusannya telah dilantik.

H. Muhammad Sirot, S.H, S.I.P terpilih kembali sebagai Ketua Umum SENKOM, setelah melalui kompetisi dua putaran pemilihan, dengan menyisihkan tiga calon ketua umum lainnya yakni Lasidi Pribadi (Sumsel), Muhammad Husin (Kaltara), dan Sutrisno (Bali).

Disamping melakukan pemilihan ketua umum, Munas SENKOM ke-3 ini juga menerima arahan-arahan dari para narasumber tentang berbagai hal terkait peran organisasi SENKOM dalam bidang kamtibmas (Senkom Mitra Polri), dalam bidang social kebencaraan & SAR (Senkom Rescue) dan bidang Hankamnas (Senkom Bela Negara).

Para pemateri berasal dari lembaga negara yang telah melakukan penandatanganan bersama MoU (Nota Kesepahaman) dengan SENKOM, diantaraya adalah Mabes Polri, Kementerian Pertahanan, BNPB, BASARNAS dan BNN, serta Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia & Kebudayaan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Komunikasi & Informasi.

“Lembaga-lembaga negara tersebut kami libatkan dalam memberikan pengarahan kepada peserta, sesuai dengan peran organisasi SENKOM di tengah masyarakat, baik dalam kamtibmas, social kebencanaan maupun hankamnas,” terang Ketua Umum Senkom Mitra Polri, H. Muhammad Sirot, S.H, S.IP.
  
Selanjutnya, Kapolri Jendral Tito Karnavian mengharapkan agar SENKOM terus terlibat aktif dalam upaya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.


“Saya juga berharap SENKOM Mitra Polri bersama Polri dan pemangku kepentingan terkait, untuk terus terlibat aktif dalam mendeteksi dan menangani berbagai permasalahan social dan potensi gangguan kamtibmas lainnya,” ujar Kapolri melalui pernyataan tertulisnya, sebagaimana dibacakan Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen Pol Drs. Arkian Lubis, S.H.

Kapolri juga berharap agar SENKOM Mitra Polri yang secara tidak langsung membawa nama Polri di tengah masyarakat, agar turut serta dalam menjaga nama baik Polri.

“Saya minta agar SENKOM Mitra Polri turut serta dalam menjaga nama baik Polri. Hindari tindakan yang dapat menciptakan kesan negatif di mata masyarakat," tandasnya.[Rls]

Baca Juga