PLN Pastikan Listrik Normal Bulan Ramadhan



ABDYA - Manager Perusahan Listrik Negara (PLN) Rayon Blangpidie, Suherman Nazir memastikan pasokan arus listrik selama bulan puasa (ramadhan) 1438 H aman tanpa ada pemadaman di wilayah Kabupaten Abdya.

“Insya Allah, pasokan arus listrik di kabupaten Abdya selama bulan ramadhan kita pastikan normal tanpa adanya pemadaman, baik menjelang berbuka maupun di waktu-waktu lainnya,” kata Suherman Nazir kepada LintasAtjeh.com, Kamis (04/05/2017), di Blangpidie.

Lanjutnya, sejauh ini pihaknya telah mempersiapkan dan melakukan optimalisasi sekitar empat minggu lalu untuk mengantisipasi terjadi pemadaman, sehingga kecukupan pasokan arus listrik selama bulan puasa aman di seluruh pedesaan.

“Persiapan ini sudah kita lakukan sejak satu bulan lalu. Semua kita persiapkan agar pasokan listrik bisa optimal bulan ramadhan, sehingga tidak terjadinya pemadaman. Itu kami lakukan bukan saja untuk bulan puasa, tetapi juga untuk waktu jangka panjang,” jelasnya.

Pun demikian, pihaknya juga tidak bisa menjamin atau memastikan listrik tidak padam selama bulan puasa. Listrik bisa saja pada sewaktu-waktu jika terjadinya ganguan alam yang dapat merusakkan mesin secara tiba-tiba.

“Kalau misalnya black out (mesin mati total), travo listrik meledak atau ada tower yang tumbang, kemungkinan pemadaman terjadi. Itu tidak bisa kita pastikan ke arah itu, karena itu diluar dugaan kita, yang pasti kita sudah bekerja secara maksimal selama ini,” ujar dia.


Ia juga menjelaskan, pemeliharaan jaringan listrik yang dilakukan pihak PLN selama ini bertujuan semata-mata untuk memberikan kenyamanan pada masyarakat ketika melaksanakan beribadah di bulan ramadhan.

“Upaya yang kita lakukan selain menggantikan alat yang tidak layak pakai lagi, juga memangkas pohon-pohon di jalan yang menyebabkan faktor ganguan listrik. Kita mencegah sebelum terjadinya pemadaman,” demikian Suherman Nazir.[ADI S]

Baca Juga