Tangis Haru Darwati Bersama Anak Yatim di Gampong Nusa Lhoknga

BANDA ACEH - Meugang merupakan saat yang ditunggu masyarakat Aceh, seperti saat ini menjelang menjalankan ibadah puasa menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H.

Namun, tradisi meugang terkadang membawa kisah sedih dan haru bagi warga miskin, kaum dhuafa maupun anak-anak yatim. Jangankan terpikir untuk makan sekerat daging, bisa membeli daging lembu pun tak pernah 'bermimpi'.

Seperti kisah yang dituliskan Darwati, istri Gubernur Aceh terpilih, Irwandi Yusuf yang diposting di laman facebooknya, Kamis (25/05/2017).

Darwati A. Gani dalam tulisannya, mengungkapkan kalau hari ini, dirinya diminta Pak Irwandi (suaminya) untuk mengunjungi panti-panti dan dayah anak yatim yang tempatnya terjangkau di Aceh Besar dan Banda Aceh, untuk mengantarkan uang meugang.

Dalam kisahnya, Darwati menuturkan dirinya ditemani tim yang kompak, dan dari satu panti ke panti lainnya, ada banyak cerita sedih yang membuat mereka menangis. Di perjalanan pun mereka lebih banyak diam dan sekali-kali mengeluarkan airmata.

"Namun, ada satu cerita yang sangat menyesakkan dada. Saat kami tiba di Dayah Anak Yatim di Gampong Nusa Lhoknga, saat saya menyampaikan kedatangan kami adalah untuk mengantarkan uang meugang untuk anak-anak, bapak pengurus dayah tersebut tidak bisa bicara lagi. Langsung dia menangis terharu," begitu kisah Darwati A. Gani.

Berikut postingan lengkap status Darwati A. Gani dalam facebooknya:

Cerita kami hari ini, diawali dengan makan nasi telur dadar kelapa, buatan Pak Irwandi.. setelah itu saya diminta unt kunjungi panti2 dan dayah anak yatim yg tmptnya terjangkau di Aceh Besar dan Banda Aceh, unt antarkan uang megang unt anak2 tsbt.. ditemani tim yg kompak kami berangkat dari satu panti ke panti lainnya, ada banyak cerita sedih yang membuat kami menangis, diperjalanan pun kami lebih banyak diam dan sekali2 mengeluarkan airmata. 
Ada satu cerita yang sangat menyesakkan dada.. saat kami tiba di dayah Anak Yatim di Gampong Nusa Lhoknga, saat saya menyampaikan kedatangan kami adalah unt mengantarkan uang meugang unt anak2, Bapak pengurus dayah tsbt tidak bisa bicara lagi, langsung dia menangis terharu, karena baru kemarin mereka diskusi dengan pengurus lainnya, dimana kita cari uang unt meugang anak2.. jadi sambil menangis dia menyampaikan, alhamdulilah Allah mengirimkan uang meugang anak2 hari ini melalui tangan ibu.. jadilah kami menangis haru bersama2...[Red]

Baca Juga