Babinkamtibmas Humanis 'Aipda Syahrial SH' yang Dicintai Warga Simpang Empat

ACEH TAMIANG - Sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian terhadap masyarakat di wilayah binaanya, seorang Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Polres Aceh Tamiang, jajaran Polsek Karang Baru, bernama Aipda Syahrial SH, selama bulan suci Ramadhan 1438 H, terlihat selalu berbaur bersama masyarakat dan pemuda di salah satu desa binaan, yakni Desa Simpang Empat. Hal tersebut dapat mewujudkan situasi keamanan dan kenyamanan di lingkungan desa setempat.

Semenjak ramadhan pertama, Syahrial yang dikenal sebagai sosok Babinkamtibmas humanis telah membangun sinergi bersama dengan Ikatan Pemuda Desa Simpang Empat serta Remaja Mesjid Nurul Huda dalam upaya melaksanakan kegiatan bersifat 'amal' untuk menciptakan situasi aman, tentram dan damai di lingkungan desa setempat. Salah satu kegiatan tersebut adalah melaksanakan pengaturan lalu lintas di jalan lintas Ranto, Simpang Empat Kedai Upah menjelang berbuka puasa.

Pantauan LintasAtjeh.com, Selasa (20/06/2017), Babinkamtibmas Humanis, Aipda Syahrial SH, didampingi Ketua Pemuda Desa Simpang Empat Yudi Susanto dan Ketua Remaja Mesjid Nurul Huda Fajar Hidayah S.Pd, melakukan kegiatan pembagian sembako 'sumbangan' dari Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Yoga Prasetyo SIK, kepada sejumlah kaum dhuafa yang ada di Kampung Simpang Empat.

Saat dikonfirmasi LintasAtjeh.com, terkait semangat kebersamaan dirinya dengan pihak masyarakat dan pemuda, Babinkamtibmas Humanis, Aipda Syahrial SH, mengatakan bahwa selaku pengemban fungsi Babinkamtibmas, bagi dirinya bulan suci ramadhan merupakan momentum untuk dapat membangun kemitraan dengan masyarakat sehingga semangat kebersamaan untuk menciptakan kerukunan dan toleransi antar sesama warga dapat terwujud.

Syahrial turut menjelaskan, dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat, Polisi harus selalu memantau dan juga melakukan pengawalan karena hal itu menyangkut keamanan dan ketertiban lingkungan. Polisi selalu berada ditengah-tengah masyarakat sesuai tugas pokok yaitu sebagai pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat, disamping sebagai abdi negara yang bertanggung jawab dibidang penegakan hukum.

"Saat ini saya yang didampingi Ketua Pemuda Desa Simpang Empat Yudi Susanto dan Ketua Remaja Mesjid Nurul Huda Fajar Hidayah S.Pd, sedang menyalurkan bantuan sembako dari Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Yoga Prasetyo SIK, untuk sejumlah kaum dhuafa. Untuk Desa Simpang Empat, kami menyalurkan kepada Nek Pona (70) warga Dusun Ampera, Poleh Is (72) warga Dusun Keluarga, dan Poniman (72) warga Dusun Keramat, Desa Simpang Empat," demikian terang Aipda Syahrial SH.

 
Sementara itu, Ketua Pemuda Desa Simpang Empat, Kecamatan Tanjung Karang, Yudi Susanto, memberikan apresiasi terhadap kiprah Babinkamtibmas Humanis, Aipda Syahrial SH, karena selama ini tidak hanya bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan desa binaannya, khususnya Desa Simpang Empat. Namun juga turut membantu bangkitkan semangat kebersamaan para pemuda serta masyarakat untuk peduli terhadap kemajuan desa dengan berlandaskan konsep bergotong royong.

Menurut Yudi Susanto, Syahrial telah berhasil melaksanakan tugas pokok Babinkamtibmas, yakni membina masyarakat agar tercipta kondisi yang menguntungkan bagi pelaksanaan tugas Polri di Desa Simpang Empat.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Remaja Masjid Nurul Huda, Desa Simpang Empat, Fajar Hidayat S.Pd. Dia menerangkan figur Syahrial yang humanis telah berhasil merebut simpati (dicintai) masyarakat dan para pemuda di desa setempat.

Sebagai Babinkamtibmas di Desa Simpang Empat, Syahrial selalu melakukan pembinaan terhadap warga masyarakat dan para pemuda dalam upaya meningkakan partisipasi, kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat dan para pemuda terhadap penegakan hukum serta perundang-undangan negara.

"Menurut saya pribadi, sosok Aipda Syahrial SH, merupakan Babinkamtibmas yang selalu mengedepankan semangat kerjasama/gotong royong yang baik, dan selalu harmonis dengan setiap warga, juga aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta para sesepuh yang ada di Desa Simpang Empat," tutup Fajar Hidayat, S.Pd.[Zf]

Baca Juga