Danramil Tamiang Hulu Bukber Bareng Anggota Pramuka dan Anak Yatim

ACEH TAMIANG - Komandan Koramil (Danramil) 14/Tamiang Hulu Kapten Inf Nunu Rukmana mengadakan buka puasa bersama masyarakat dan anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaannya di Makoramil 14/Thu, Selasa (13/06/2017) kemarin. Tak lupa, sebanyak 25 anak yatim juga turut diundang sekaligus untuk menerima santunan yang telah disiapkan.

Dalam sambutannya, Kapten Inf Nunu Rukmana mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk mempererat silaturrahmi demi terjaganya persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat. 

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat yang berada khususnya di wilayah binaan Koramil 14/THU untuk memperbanyak amal Ibadah dan kebaikan di bulan suci Ramadhan ini semata-mata untuk mengharapkan Ridho Allah SWT.

Sebagai Kamabiran dalam Organisasi Pramuka Saka Wira Kartika di wilayahnya, Danramil juga mengajak masyarakat yang hadir agar meningkatkan kepedulian terutama kepada anak yatim. 

“Ada hak-hak mereka yang harus kita salurkan dari rezeki yang kita dapat,” ingatnya lagi.

Pada kesempatan itu, Kepala Urusan Agama Kecamatan Tamiang Hulu yang turut hadir melalui Tausiyahnya menyampaikan bahwa kata “yatim” dalam bahasa Arab berarti sedih atau sendiri. 

Menurut istilah syara’ yang dimaksud dengan anak yatim adalah anak yang ditinggal mati oleh ayahnya sebelum dia baligh. Batas seorang anak disebut yatim adalah ketika anak tersebut telah baligh dan dewasa. Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka nafkahkan.

Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.” 

Dan apa saja kebajikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha mengetahuinya. (QS, Al-Baqarah : 215).[Zf]

Baca Juga



close
Banner iklan disini