Dr. Mustafril Deklarasi Maju Pilkada Aceh Selatan 2018

ACEH SELATAN - Ketua Forum Pala Aceh (Forpala), Dr. Mustafril, ST, M.Si, resmi menyatakan diri maju sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati Aceh Selatan 2018-2023. Hal itu disampaikannya pada acara halalbihalal Forum Pala Aceh dan silahturrahmi jaringan Dr. Mustafril, ST, M.Si, di Kantor Forum Pala Aceh yang beralamat di Jln. Nyak Adam Kamil No. 38, samping kantor Cabang BRI Tapaktuan, Rabu (28/06/2017).

Dosen tetap Prodi Teknik Pertanian Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh ini mengungkapkan bahwa pencalonan dirinya sebagai Bakal Calon Bupati Aceh Selatan di Pilkada mendatang ini didasari oleh dorongan dan dukungan dari kalangan bawah yang menghendaki Aceh Selatan bisa kembali berjaya kedepannya dari sektor pala dan pertanian.

"Ini deklarasi kecil, mudah-mudahan gerakan kecil ini akan terus diikuti oleh kecamatan-kecamatan lain. Yang pasti kita tidak mau gaungnya besar, isinya kosong. Kita bekerja dari rumah ke rumah, Alhamdulillah seluruh anggota Forum Pala sangat mendukung dan mendorong saya untuk maju dan memimpin Aceh Selatan kedepan," ungkap Dr.  Mustafril, ST, M.Si, dalam konferensi pers usai acara yang turut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dari 18 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan itu.

Menurut Dr. Mustafril, dorongan dari kalangan bawah agar dirinya maju sebagai Balon Bupati Aceh Selatan itu didasari oleh keinginan masyarakat untuk bisa bangkit dan berjaya kembali dari sektor pala. 

"Sebab selama ini dirasakan, Forum Pala tidak bisa bergerak jika tidak ada dukungan dari pemerintah. Dan ini bisa terwujud apabila kita jadi pemimpin," kata pria yang bergelar doktor Program Studi Keteknikan Pertanian, Institut Pertanian Bogor ini.

Disinggung dengan partai apa dirinya akan maju sebagai Balon Bupati Aceh Selatan, Mustafril mengaku sejauh ini dirinya sedang membangun komunikasi dengan lintas partai. Namun jika jalur partai gagal, dirinya akan tetap maju melalui jalur independen.

"Mengenai partai kita masih berkomunikasi. Namun kami punya plan B yang kami siapkan yakni jalur independen. Kami juga tidak ingin rencana ini gagal, makanya kami memanfaatkan jaringan keluarga dan jaringan Forum Pala," terangnya.

Dr. Mustafril juga mengungkapkan program-program untuk kemajuan dan kemakmuran masyarakat Aceh Selatan kedepannya.

"Bukan cuma sektor Pala yang menjadi fokus perhatiannya. Namun program pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan serta pertambangan juga akan menjadi fokus pertaniannya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui program-program pro rakyat," jelasnya.

"Semua program yang akan kita jalan dan laksanakan kedepan lebih kepada program pro rakyat," imbuhnya.

Menyangkut KTP yang sudah dikumpulkan, Mustafril saat ditanya mengaku sudah sangat siap. Sebab sejauh ini, jaringan Forum Pala yang tersebar di Aceh Selatan, kerabat dan keluarga besarnya sudah bekerja untuk mengumpulkan KTP dengan target 1.000 KTP per kecamatan.

"Untuk KTP kita sudah sangat siap dengan jaringan yang ada. Sedangkan menyangkut dengan wakil, kalau maju dari partai politik yang menentukan partai politik, kalau jalur independen kita punya wakil yang kita nilai sangat layak," jelasnya optimis.

Lebih lanjut, Mustafril mengaku, selain adanya dorongan dari masyarakat bawah, keinginannya untuk maju sebagai Balon Bupati Aceh Selatan juga dilatar belakangi oleh keinginannya untuk berbuat lebih untuk masyarakat dan tanah kelahirannya. Sebab berbekal pegetahuan dan pengalaman yang dimilikinya diyakini Aceh Selatan yang kaya akan sumber daya alam (SDA) ini akan mampu mensejahterakan dan memakmurkan masyarakatnya kedepan. 

"Tinggal lagi sumber daya alam yang begitu kaya dan melimpah ini kita kelola dengan baik demi kemaslahatan umat," demikian kata Dr.  Mustafril, ST, M.Si.[Red]

Baca Juga