Gampong Puli Pidie Lestarikan Tradisi Lomba Layang Tunang

PIDIE - Lomba layang tunang memperebutkan Piala Ketua Pemuda Gampong Puli, Kecamatan Pidie digelar di gampong setempat berlangsung meriah.

Acara yang digelar selama dua hari sejak Rabu-Kamis (28-29/06/2017), diikuti oleh 50 peserta dari berbagai gampong di Kecamatan Pidie.

Ketua Panitia, Muksin mengatakan acara tahunan tersebut disaksikan ratusan penonton dari berbagai kalangan masyarakat.

"Para peserta yang mengikuti lomba terlebih dahulu melewati beberapa kriteria layang yang layak seperti ukuran panjang, lebar sayap layang dan benang yang dipakai juga diatur dalam lomba," demikian jelas Muksin.

Acara yang dimulai pukul dua siang sampai dengan pukul empat sore berlangsung dramatis di langit Gampong Puli.

Adapun yang keluar sebagai juara pertama adalah M. Rusli (40) warga Gampong Blang Kula, di posisi kedua dan ketiga direbut oleh tuan rumah Idris (23) dan Toni (25). Pemenang berhak membawa pulang tropi, piagam dan uang tunai.

Sedangkan Zulfahmi selaku Ketua Pemuda berharap tradisi budaya ini tetap terjaga di era modernisasi.

"Acara ini merupakan tradisi budaya yang patut dijaga, sehingga tidak hilang di jaman modern. Saya melihat masyarakat sangat antusias dan terhibur dengan adanya lomba ini," kata Zulfahmi.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Imum Mukim Utue/Buloh dan beberapa unsur gampong lainnya dalam acara penyerahan hadiah.

Pihak Mukim sangat mendukung acara tersebut dan diiharapkan dengan acara tahunan seperti ini bisa memperkuat ajang silaturahmi antar masyarakat di Kecamatan Pidie.[Rls]

Baca Juga