Karo Humas Aceh: Puasa Bukan Hambatan Peningkatan Kinerja

IST
ACEH BESAR - Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Aceh, H. Mulayadi Nurdin, LC, MH, menyampaikan bahwa bulan suci ramadhan bukanlah suatu hambatan bagi para karyawan dalam bekerja serta meningkatkan  kinerja. 

Hal tersebut disampaikan H. Mulyadi Nurdin, LC, MH, saat menjadi narasumber pada acara Spiritual Serambi FM dengan tema Puasa da Etos Kerja di Kantor Serambi Indonesia, Meunasah Manyang, Aceh Besar, Senin (05/06/2017).

“Puasa bukanlah alasan untuk tidak menjalankan tugas, justru di bulan puasa ini kita harus bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan,” ujar Mulyadi.

Mulyadi menjelaskan, selama ramadhan, Pemerintah sudah mengatur jadwal kerja para pegawai. Pegawai masuk kerja seperti biasa pada jam 08.00 pagi, tapi pulangnya cepat yaitu pukul 15.00 WIB.

Hal ini, kata Mulyadi karena waktu istirahat disingkatkan dan waktu makan siang ditiadakan.

Meskipun demikian, lanjut Mulyadi, pelayanan tetap tidak boleh berhenti dan para pegawai dituntut untuk dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab seperti biasa atau bahkan meningkatkan kinerja.

“Banyak orang menjadikan puasa sebagai pembenaran atau alasan untuk bermalas-malasan dalam bekerja. Padahal pada jaman Rasulullah, puasa sama sekali tidak mengurangi nilai-nilai keberhasilan dan perjuangan,” ujar Mulyadi.

Berdasarkan catatan sejarah, kata Mulyadi, banyak peristiwa besar yang terjadi di bulan ramadhan, termasuk beberapa peperangan, seperti perang Badar, penaklukan Mesir, Penaklukan Andalusia dan perang salib yang dimenangkan oleh orang-orang Islam pada zaman Rasulullah dan para sabahat. Umat Islam pada saat itu tidak menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak ikut berperang.

“Bahkan proklamasi Republik Indonesia juga terjadi di bulan ramadhan, dan pada saat itu Soekarno sebagai proklamator juga diriwayatkan dalam keadaan berpuasa,” kata Mulyadi.

"Bekerja juga merupakan bagian dari pengabdian dan juga ibadah jika kita melakukannya didasari dengan niat yang baik," tandasnya.[Rls]

Baca Juga