Keluarga Besar Yonif 115 Macan Leuser Gelar Sholat Ied dan Halalbihalal

ACEH SELATAN - Keluarga Besar Yonif 115/ML melaksanakan sholat Ied di Masjid Al Magfirah, bertempat di Asmil Yonif 115/ML Desa Ujung Padang Asahan, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (25/06/2017).

Sholat Ied, menghadirkan penceramah Ustadz Mispa dari Pondok Pesantren Darul Aitami dihadiri sekitar 200 jamaah muslim dan muslimah yang tinggal di Yonif 115/ML.

Selanjutnya dilaporkan pengumpulan zakat fitrah, zakat mal dan shodaqoh serta infaq di masjid lingkungan Yonif 115/ML.

Dalam kesempatan tersebut, Danyonif 115/ML antara lain menyatakan untuk melengkapi amalan dan ibadah kita, setelah pelaksanaan sholat Ied.

"Kita disunahkan saling bermaafan, bersalaman atau halalbihalal dengan orang tua kita, kerabat keluarga terdekat, tetangga dan rekan-rekan kita," terangnya.

Melalui pelaksanaan halalbihalal, lanjutnya, diharapkan tali silaturahmi diantara sesama manusia dapat dijalin kembali dengan sebaik-baiknya. Sebagai umat manusia kita tidak terlepas dari hubungan dengan khaliq dan insan lainnya.

"Untuk itu, momen idul fitri ini merupakan waktu yang tepat guna merekatkan kembali jalinan solidaritas, kepedulian sosial, gotong-royong juga kasih sayang dengan sesama manusia atau masyarakat sehingga dapat tersambung kembali dengan sebaik-baiknya," ujar Danyonif 115/ML.

Sementara itu, Ustadz Mispa dalam ceramahnya antara lain menyatakan Idul Fitri merupakan salah satu kebesaran Allah SWT pada alam semesta karena melalui ramadhan nafsu manusia dibina, dilatih dan dikendalikan agar mencapai derajat insan-insan yang bertaqwa.

"Melalui tempaan haus, lapar, lemas, sholatul lail, zakat dan berbagi pada sesama di bulan ramadhan, nafsu manusia menjadi baik dan taat pada Allah SWT. Maka agungkan nama Allah, Tuhan semesta alam, tiada kemuliaan di dunia ini selain ketaatan kepada Allah SWT," jelasnya.

Ustadz Mispa menjelaskan ada tiga pesan Idul Fitri bagi umat manusia yaitu takbir kepada Allah SWT, tunduk, taat dan patuh kepada Allah SWT serta jadikan kita sebagai hamba-hamba Allah SWT yang bertaqwa.  

Usai sholat Ied, keluarga besar Yonif 115/ML beserta Danyonif 115/ML melaksanakan halalbihalal dengan masyarakat sekitar dan anak yatim dari yayasan Panti Asuhan Kluet Utara.[Red]

Baca Juga