Kodim 0107/Aceh Selatan Gelar Komsos dan Buka Puasa Bersama

ACEH SELATAN - Kodim 0107/Aceh Selatan melaksanakan buka puasa bersama dengan aparat Pemerintahan Kabupaten Aceh Selatan dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos), bertempat di Aula Makodim 0107/Aceh Selatan, Rabu (14/06/2017).

Kegiatan komsos tersebut adalah bentuk silaturrahmi Dandim 0107/Asel dengan aparatur Pemerintahan Kabupaten Aceh Selatan untuk menciptakan hubungan kerja yang dinamis dalam membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto mengatakan dalam kata sambutannya bahwa kegiatan Komsos yang dilaksanakan dengan aparat Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan  bertujuan untuk  mempererat tali silaturahmi guna memelihara sinergitas untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kemakmuran rakyat disamping juga merupakan program bidang teritorial.

"Harapan kami,  kita semua dapat sama-sama bersinergi dalam membangun indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harap Dandim.

Hal tersebut berdasarkan tema yang mengandung makna "Melalui komunikasi sosial dengan aparat pemerintah, kita pelihara sinergitas guna membangun masyarakat indonesia yang berkarakter dengan berlandaskan wawasan kebangsaan dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa".

Dandim Aceh Selatan juga mengajak seluruh komponen baik pemerintah maupun masyarakat untuk mensukseskan program swasembada pangan dalam meningkatkan ketahanan pangan, sehingga diharapkan dapat memperoleh kedaulatan pangan.

"Kedepan kita akan melaksanakan cetak sawah baru di 10 (sepuluh) desa dalam 6 (enam) kecamatan yaitu Kluet Selatan, Kluet Utara, Kluet Tengah, Samadua, Kota Bahagia, Labuhan Haji Barat, Trumon dan Bakongan Timur, dengan luas 613 hektar," ungkap Dandim.

Dandim menambahkan, kepada seluruh camat agar mengarahkan keuchiknya untuk dapat mengelola dana desa dengan baik yang akan turun dalam waktu dekat ini serta mendukung program pertanian.

"Jika ada pekerjaan fisik di desa silahkan koordinasi dengan Kodim atau Babinsa setempat, kita punya alat seperti mesin eskalator, becko kecil yang bisa menggali parit-parit yang tidak terjangkau, kita akan bantu," terang Dandim.

Kemudian, rangkaian kegiatan Komsos selanjutnya sebelum berbuka puasa adalah Tausiah yang disampaikan oleh Ustazd Khairuddin menyampaikan bahwa silaturrahmi dan berbuat baik terhadap orang lain merupakan perbuatan yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

"Kisah sahabat Rasulullah SAW yang sudah dijamin masuk surga namun masih berlomba-lomba berbuat kebaikan kepada fakir miskin, anak yatim, kaum dhuafa dan insan yang membutuhkan pertolongan, karena dengan perbuatan itu salah satu sahabat rasulullah yang lebih awal menyegerakan membantu  akan mendahului masuk surga," jelas Ustadz Khairuddin.

"Sesungguhnya, jika anda berbuat baik, pada dasarnya anda telah berbuat baik pada dirinya sendiri," tambahnya.

Dikaitkan dengan tema kegiatan Komsos ini, Ustadz Khairuddin menegaskan bahwa program TNI membangun masyarakat indonesia dan membantu petani meningkatkan kesejahteraan hidupnya adalah perbuatan yang sangat mulia dan dicintai Allah SWT.

"Jika kita melayani orang lain maka kita sedang melayani diri kita sendiri, dengan berbuat baik menjadikan jiwa kita lebih tenang dan bahagia," tutupnya.

Hadir dalam acara Komsos dengan aparat pemerintah adalah Kapolres Asel AKBP Achmadi, SIK, Kajari Asel Munif, SH, MH, Kepala pengadilan Asel H.Zulkarnain, SH, MH, Forkopimda, Kepala SKPK, Para Muspika Plus dan undangan lainnya.[Pendim]

Baca Juga