Kodim Aceh Selatan Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Pancasila

ACEH SELATAN - Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar upacara dalam rangka memperingati hari lahir pancasila 1 Juni 2017 yang dipusatkan di Makodim 0107/Asel, Desa Lhok Bengkuang Barat, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (01/06/2017).

Sehubungan dengan surat  yang diterima dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia ( Mabes TNI), maka Panglima TNI melalui Aspers  menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk mempedomani pelaksanaan Hari Lahir Pancasila tahun 2017 yang di tetapkan  pada hari Kamis (01/06) dengan mengangkat tema "Saya Indonesia, Saya Pancasila".

Untuk pelaksanaan upacara di makodim 0107/Aceh selatan ditunjuk menjadi Inspektur Upacara (Irup) Kapten Inf Jamaluddin, selaku Komandan Upacara (Danup) Danramil 13/Kluet Timur Kapten Inf Kamsita Sari. Sedangkan untuk pembaca UUD 1945 Kapten Inf Edy Mulyo Pudjiono dan pembaca Keppres RI Kapten Inf Amri Umari serta diikuti oleh seluruh prajurit, PNS beserta jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan.

Pada upacara tersebut, Kapten Inf Jamaluddin selaku Irup membacakan amanat Presiden RI. Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 juni 1945 sampai dengan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Namun, saat ini kehidupan berbangsa dan bernegara sedang mengalami tantangan, kebhinekaan kita sedang diuji karena saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain pancasila.

Dalam amanatnya presiden mengajak peran aktif para ulama, ustadz, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

Diakhir upacara, sebagai kata-kata penutup dalam memperingati hari lahir pancasila maka kita semua mengucapkan "Selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia, kita Pancasila. Semua anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila".[Red]

Baca Juga