Lebaran, Rumah Sakit dan Puskesmas di Abdya Siaga 24 Jam

ABDYA - Setelah sukses pada tahun sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali mempersiapkan sejumlah posko kesehatan pada setiap Puskesmas yang ada di wilayah tersebut menjelang H-7 lebaran. Untuk itu para pemudik dan masyarakat setempat tidak perlu khawatir akan pelayanan kesehatan selama Hari Raya Idul Fitri tahun 2017.

Pasalnya, Dinas Kesehatan Kabupaten setempat memastikan, pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas Kecamatan akan mensiagakan posko yang beroperasi selama 24 jam.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya Anwar Daud kepada LintasAtjeh.com, Selasa (13/06/2017), mengatakan layanan umum dan Unit Gawat Darurat (UGD) yang ada di RSUD dan Puskesmas pada sejumlah kecamatan diwajibkan untuk tetap beroperasi selama 24 jam saat libur lebaran.

"Kita sudah sepakati semua pelayanan gawat darurat tetap buka 24 jam termasuk di Puskesmas yang ada UGD-nya. Meski tahun ini H-7 dan H+7 Lebaran masih dalam suasana libur panjang," jelas Kadiskes H. Anwar Daud, SH.

Sambungnya, dibukanya posko kesehatan pada 13 Puskesmas yang ada untuk  memberikan pelayanan kepada para pasien yang bermasalah dengan kesehatan saat libur lebaran maupun para pemudik.

"UGD tetap kita buka selama libur lebaran agar pasien yang butuh pelayanan gawat darurat tetap terlayani seperti biasanya," tambahnya.

Lebih lanjut, Anwar menyebutkan selain mensiagakan sejumlah pegawai puskesmas seperti dokter, para perawat, pegawai admi‎nistrasi dan sopir ambulans di setiap Puskesmas. Pihaknya juga membentuk tim koordinasi yang ditempatkan di kantor dinas kesehatan setempat yang setiap saat mengawasi pelayanan kesehatan yang ada pada setiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Abdya.

“Semua petugas kesehatan akan tetap bekerja secara bergiliran sesuai jadwal untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga, itu komitmen kita," pungkas Anwar.[ADI S]

Baca Juga



close
Banner iklan disini