Masyarakat Apresiasi Komsos Koramil 02/Labuhan Haji

ACEH SELATAN - Koramil 02/Labuhan Haji Kodim 0107/Asel melaksanakan buka puasa bersama dalam rangka menyelenggarakan program komunikasi sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat (Kommas), di gedung serba guna Sanggar Kegiatan Belajar (SKB),  Gampong Pasar Lama, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (15/06/2017).
 
Hadir dalam acara tersebut Danramil 02/Lateng, Kapolsek Lateng Iptu Harun, Camat Lateng Tgk. Masri, Kepala KUA Kecamatan Lateng Fairus Satar, S.Ag, Kepala UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Drs. Muhammad Abdu Rani, Keuchik se-Kecamatan Labuhan Haji, Kepala Mukim, Tokoh Pemuda dan sejumlah masyarakat Labuhan Haji. 
 
Sebelum masuk acara buka puasa, Danramil 02/Labuhan Haji Kapten Inf Wahid telah menyiapkan materi untuk sosialisasi wawasan kebangsaan kepada seluruh komponen masyarakat yang hadir.
 
Adapun materi yang disampaikan adalah meliputi kebijakan pimpinan TNI AD tahun 2017 di bidang teritorial, proxy war, bela negara dan bahaya laten komunis.
 
Danramil 02/Lbh Kapten Inf Wahid selaku pemateri dalam acara Komsos dengan Kommas menyampaikan tema Komsos ini adalah "Melalui kegiatan penyelenggaraan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat, kita tingkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat dan wawasan kebangsaan dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa".
 
"Kita harus bersinergis dalam menjaga kedaulatan negara, jangan sampai terpengaruh dengan faham yang merusak persatuan, masyarakat harus selalu kompak dan laporkan setiap ada hal mencurigakan kepada aparat keamanan," jelas Danramil.
 
Danramil menambahkan, Koramil siap membantu masyarakat dan masyarakat juga harus membantu Koramil dalam mendukung setiap program.
 
"Alhamdulillah, program jambanisasi kepada masyarakat kurang mampu sudah rampung 100 % dengan jumlah 15 unit, sekarang masyarakat sudah bisa memanfaatkannya," ungkapnya. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Danramil menyampaikan bahwa tujuan acara komsos ini adalah sebagai bentuk mempererat silaturahmi. 
 
"TNI dan masyarakat tidak dapat dipisahkan, bagaikan air dan ikan. Babinsa dan warga adalah keluarga," ujarnya. 
 
Rangkaian kegiatan komsos juga diisi dengan ceramah yang disampaikan oleh Tgk. Khalidi dengan pembahasan terkait makna Nuzulul Quran serta hikmah dari silaturahmi. 
 
"Saya mewakili masyarakat Labuhan Haji sangat senang dan bangga, kami apresiasikan kinerja koramil labuhan haji yang dipimpin oleh bapak wahid, karena  Koramil Labuhan Haji masih peduli dengan adat dan budaya, seperti acara Komsos ini, tatap muka dapat menjalin hubungan kekeluargaan, kami begitu dekat dengan TNI," tutupnya.
 
Keuchik  Gampong Pasar Lama Said Ikmaruddin menyampaikan sekali lagi kami berterimakasih dan sangat bangga dengan kehadiran tni ditengah masyarakat dan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.
 
"Mulai dari membantu petani di sawah sampai dengan peduli terhadap masyarakat miskin serta membuat acara buka puasa bersama, luar biasa," ucapnya. 
 
Selain itu, Koramil 02/Labuhan Haji dalam pelaksanaan kegiatan sudah merampungkan pembuatan  jamban sebanyak 15 unit kepada masyarakat kurang mampu dan termasuk pembuatan posko LTT (Luas Tambah Tanam)  di simpang empat jalan masuk Desa Hulu Pisang.   
 
Pada akhir acara, Danramil menyerahkan sarana kontak berupa kain sarung kepada penceramah dan pembaca ayat suci Al-Quran.[Pendim]

Baca Juga