Pemkab Serahkan Beasiswa Aceh Jaya Cerdas Berbasis Tabungan


ACEH JAYA - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, hari ini menyerahkan bantuan beasiswa  Aceh Jaya cerdas berbasis tabungan yang diperuntukkan untuk seluruh siswa/i  SD, SMP dan SMA sederajat di Kecamatan Sampoiniet, Kamis (15/06/2017).

Hari pertama dimulai penyaluran  beasiswa  Aceh Jaya cerdas berbasis tabungan di kabupaten Aceh Jaya di bagi dua tim, Tim I dipimpin Bupati Aceh Jaya bertempat di Kantor Camat Indra Jaya dan Tim II dipimpim Wakil Bupati Aceh Jaya di Kecamatan Sampoiniet.
Disela-sela penyerahan beasiswa Aceh Jaya cerdas berbasis tabungan tersebut, Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman, dalam arahannya mengatakan bahwa penyaluran beasiswa berbasis tabungan, tersebut merupakan koreksi dari BPK, karena menurut BPK penyerahan uang tunai tidak tepat, sehingga kita mengunakan penyerahan dalam bentuk tabungan. 

"Padahal penyaluran uang tunai yang telah kita lakukan sejak tahun 2015 sampai 2017 tidak ada masalah, mengingat agar  tidak ada kejanggalan di kemudian hari, dan penyalurannya dalam bentuk tabungan lebih aman dan lebih tepat. Maka kita laksanakan sebagaimana hari ini, walau penyaluran beasiswa dalam bentuk tabungan, tidak langsung diterima uang tunai langsung ke tangan anak-anak, karena harus diwakili melalui buku tabungan, maka dalam hal ini kami mohon maaf," jelas Azhar.

"Melalui buku tabungan penyaluran beasiswa bisa kami titip melalui kepala sekolah, dan tidak mengurangi sepersen pun uang anak-anak kita, karena berbentuk tabungan, dan kepala sekolah dapat menyerahkan langsung kepada siswa, sehingga menjelang idul fitri ini dapat dimanfaatkan. Dan kepada pihak bank agar dapat membantu memobilisasi dalam penyaluaran beasiswa tersebut sehingga pengambilan uang anak-anak kita di bank tidak membutuhkan waktu lama," tambah Azhar Abdurrahman.

Sementara Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk. Maulidi saat penyaluran beasiswa di Kecamatan Samponiet, mengatakan dengan penyerahan beasiswa ini, agar  dapat digunakan sebaik-baik mungkin. Terutama untuk membeli kebutuhan sekolah seperti baju seragam, tas, sepatu, buku dan kebutuhan sekolah lainnya, janganlah  dipergunakan uang tersebut kepada   hal-hal yang tidak bermanfaat. Alangkah baiknya digunakan untuk kebutuhan pendidikan. 
"Program beasiswa Aceh Jaya cerdas kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana tahun ini uang bantuan tersebut berada dalam buku tabungan, sehingga para anak-anak kami dapat mengambilnya di bank kapan dibutuhkan," kata Tgk. Maulidi.

Selain penyaluran  bantuan beasiswa  Aceh Jaya cerdas berbasis tabungan, Tim Terpadu Pemda Aceh Jaya, juga menyalurkan Bantuan Dana Asistensi Sosial Keluarga Resiko Tinggi (ASLURETI) tahap II untuk para lansia dan turut disalurkan beras sejahtera bagi keluarga prasejahtera.

Acara penyerahan bantuan tersebut diawali dengan penyerahan secara simbolis di kantor camat, kemudian para petugas berpencar ke gampong-gampong dalam Kecamatan Indra Jaya dan Sampoiniet untuk menyerahkan Rastra dan bantuan Aslureti.

Acara penyaluran bantuan tersebut turut di hadiri, Ketua DPRK Aceh Jaya, Ketua MPU Aceh Jaya, Ketua MPD, para kepala SKPK serta unsur muspika kecamatan setempat.[Rls]

Baca Juga