Tidak Ikut Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ini Penjelasan Kabag Tapem Atam

ACEH TAMIANG - Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setdakab Aceh Tamiang, Agusliyana Devita, S.STP, M.Si, mengaku 'benar' bahwa dirinya tidak menghadiri upacara peringatan hari lahirnya Pancasila ke-72, pada Kamis (01/06/2017) kemarin, karena dirinya sedang dalam kondisi kurang sehat. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Tapem Setdakab Aceh Tamiang, Agusliyana Devita, S.STP, M.Si, melalui pesan WhatsApp (WA) yang dikirim ke LintasAtjeh.com, Jum'at (02/04/2017).

Terkait tidak terlibatnya para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari alumni STPDN atau IPDN, pada kegiatan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila ke-72, Devi menjelaskan, upacara hari nasional yang sifatnya upacara militer, maka seperti biasa bahwa panitia upacaranya dari pihak militer.

Menurut keterangan dari Devi, kalau upacara sipil seperti upacara memperingati HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) atau HUT Otonomi Daerah (Otda), barulah pihak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melaksanakan kegiatan.

Saat ditanya tentang jumlah dana yang dialokasikan oleh Pemkab Aceh Tamiang untuk biaya pelaksanaan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila ke-72, Devi mengaku tidak tau karena perihal tersebut bukan ranah dirinya. Namun demikian dia mengatakan bahwa dana upacara pasti ada dikasi kepada para petugas dari TNI.

"Kalau masalah dana saya gak tau, karena bukan ranah saya, tapi kayaknya ada. Kan pasti harus dikasih kepada para petugas-petugas yang dari TNI," demikian terang  Kabag Tapem Setdakab Aceh Tamiang, Agusliyana Devita, S.STP, M.Si.[Zf]

Baca Juga