Tim Saber Pungli Sosialisasi di Dinkes Aceh Timur

ACEH TIMUR - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Aceh Timur yang dihadiri langsung oleh Ketua Tim Kompol Charlie didampingi oleh Ketua Pokja Pencegahan Zahri, SE, M.AP, melakukan Sosialisasi Saber Pungli pada jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur di Aula Kantor Dinas Keaehatan Aceh Timur, Selasa (06/06/2017).

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Keaehatan, Sekretaris Dinas, para Kabid, Kasie, Kasubbag, Kepala UPT Puskesmas se-Aceh Timur dan seluruh staf Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur, Kompol Charlie menyampaikan maksud dan tujuan sosialisasi Tim Saber Pungli ini antara lain adalah dalam rangka pencegahan pungutan liar yang selama ini banyak ditemukan khususnya pada tempat (lembaga) pelayanan publik.

"Pungutan Liar adalah seluruh pungutan yang dikutip oleh seseorang atau lembaga yang secara ketentuannya tidak diperbolehkan atau adanya kutipan yang berlebihan dari ketentuan yang berlaku yang dapat merugikan masyarakat," terangnya.

Kompol Charlie menambahkan, ada beberapa kasus pungli yang terjadi di lapangan. Ada yang berindikasi pidana namun banyak pula yang terjadi hanya bersifat administrasi, sehingga Tim Saber Pungli perlu melakukan sosialisasi sehingga jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur dapat memberikan pelayanan yang terbaik tanpa adanya indikasi pungli.

Dalam sesi diskusi, banyak pertanyaan dan masalah yang sering muncul di tempat kerja masing-masing yang disampaikan oleh para Kepala UPT Puskesmas.

Pada akhir pertemuan, Tim Saber Pungli menyampaikan harapannya agar kedepan tidak ada laporan baik dari masyarakat maupun dari internal Dinas Kesehatan yang merasa dirugikan atas dugaan adanya pungutan liar di jajaran Dinas Kesehatan khususnya dan di Kabupaten Aceh Timur.[Red/Ay]

Baca Juga



close
Banner iklan disini