Trio Babinsa Kodim Bireuen Turun ke Sawah

BIREUEN - Babinsa Koramil 09/Makmur Dim 0111/Bireuen Kopda Sugeng, Kopda Edi Alianto dan Kopda Husto membaur dengan petani dalam rangka membantu menanam padi bersama kelompok tani di Desa Lapehan Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat bidang ketahanan pangan, Sabtu (03/06/2017) lalu.

Anggota Babinsa terjun langsung ke sawah untuk memberikan contoh kepada petani cara menanam padi yang baik sesuai dengan anjuran dari pemerintah dengan sistim tanam jajar legowo yang sudah teruji.

Kopda Sugeng mengatakan kepada kelompok tani bahwa kegiatan ini bagian dari keseriusan TNI mendorong peningkatan program khusus pemerintah melalui TNI sebagai pensosialisasi sistim penanaman padi moderen yang bisa meningkatkan hasil produksi panen 12% sampai dengan 30% dari hasil tanam padi secara normal.

Sekarang ini, Babinsa sudah mulai mendampingi kelompok-kelompok tani untuk menanam padi, karena saat ini telah memasuki musim tanam rendengan.

Sementara itu, Danramil 09/Makmur Dim 0111/Bireuen menyatakan petani perlu mendapat motivasi atau bimbingan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan sistim jajar legowo, dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan semakin banyak dan secara otomatis akan produktivitas panen para petani.

"Pada program ketahanan pangan di Desa Lapehan Kecamatan Makmur, Babinsa melakukan pendampingan kepada kelompok tani untuk bersinergikan program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan," tutur Danramil 09/Makmur.

Anggota Babinsa bersama-sama PPL Kecamatan Makmur berupaya mengoptimalkan lahan persawahan guna mewujudkan target ketahanan pangan nasional sesuai yang dicanangkan pemerintah pusat.[Pen IM]

Baca Juga