-->








Unimal Sediakan Dana Pendamping Penelitian Inovasi Listrik Pohon Kedondong

06 Juni, 2017, 00.21 WIB Last Updated 2017-06-05T22:41:22Z



LHOKSEUMAWE – Rektor Universitas Malikussaleh, Prof. Dr. H. Apridar, SE, MSi akan menyediakan dana pendamping untuk penyempurnaan penelitian Inovasi Energi Listrik dari Pohon Kedondong (Spondias Dulcis Forst). Dana pendamping tersebut sebagai bentuk partisipasi Unimal untuk mendukung penelitian inovasi Naufal, dimana sebelumnya Unimal juga telah ditunjuk oleh Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk melakukan penelitian penyempurnaan tersebut.

“Tadi dalam rapat koordinasi yang dihadiri Rektor, Pembantu Rektor, Dekan, Ketua LPPM dan para peneliti, Rektor Unimal akan menyediakan dana pendamping untuk penyempurnaan penelitian Inovasi Energi Listrik dari Pohon Kedondong, temuan Naufal,” demikian disampaikan Pembina Inkubator Bisnis CDC Universitas Malikussaleh, Ibrahim Qamarius, Senin (5/6/2017).

Lebih lanjut disampaikan, Rektor Unimal sangat mendukung penelitian penyempurnaan Inovasi Naufal, dimana selain menyediakan dana pendamping, Rektor juga banyak memberi arahan dan mengharapkan penelitian dapat dilaksanakan tepat waktu dengan hasil penelitian yang maksimal dan dapat dipublikasikan pada jurnal internasional. Selain itu Rektor Unimal meminta tim peneliti untuk segera menyusun rencana kerja, peta jalan (roadmap) penelitian dan langsung turun ke lapangan, yang rencananya Rektor Unimal juga akan meninjau ke lokasi bersama tim peneliti.

Adapun yang hadir dalam rapat koordinasi antara lain Rektor Unimal Prof. Apridar, Dekan Fakutas Hukum Prof. Jamaluddin, Dekan Fakutas Pertanian Dr. Mawardati, Dekan Fakutas Teknik Herman Fitra, Ketua LPPM Yulius Dharma, Pembantu Rektor Bidang Akademik Dr. Muhammad, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Anwar Ali, Pembantu Rektor Bidang Aministrasi dan Keuangan yang diwakili oleh Kepala Biro Aministrasi, Umum dan Keuangan Andria Zulfa, Ph.D.

Selain itu hadir juga para peneliti antara lain Ketua Tim Penelitian Dr. Rozanna Dewi (Kepala Inkubator Bisnis CDC Unimal), Wakil Ketua Tim Peneliti Dr. M Daud Nurdin (Teknik Elektro), Dr. Adi Setiawan (Teknik Mesin), Dr. Laila Nazirah (Agroekoteknologi/Pemuliaan Tanaman), Dr. Yusra (Ilmu Tanah), Amri, ST, MT (Teknik Elektro), Ibrahim Qamarius dan Yusriadi, SE, MSM (Inkubator Bisnis).

Sebagaimana informasi sebelumnya, Pembina Inkubator Bisnis CDC Unimal, Ibrahim Qamarius diundang oleh Direktur PPBT, Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Retno Sumekar untuk membicarakan pendampingan Inovasi Naufal. Karena inovasi tersebut masih prototype, sehingga perlu dilakukan penelitian penyempurnaan dan Unimal telah ditunjuk oleh Kemenristekdikti untuk penelitian penyempurnaan tersebut. Direktorat PPBT juga telah menyediakan anggaran melalui Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) Kemeristekdikti tahun 2017.

Selain itu, Unimal juga akan mendampingi Naufal untuk mempersiapkan agar inovasi tersebut mendapat pendanaan dari Program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) Kemenristekdikti tahun 2018, dan bantuan lainnya.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini