Untuk Masyarakat Miskin, Koramil Kluet Selatan Bangun 15 Jamban


ACEH SELATAN - Salah satu  program bakti TNI yang menjadi prioritas Kodim 0107/Aceh Selatan yang dilaksanakan oleh seluruh Koramil  jajaran adalah mewujudkan lingkungan masyarakat yang sehat melalui program Jambanisasi.

Seperti yang dilakukan Koramil 07/Kluet Selatan, Babinsa menyerahkan dan melaksanakan kegiatan karya bhakti pembuatan jamban untuk warga miskin di Desa Indra Damai dan Sialang, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (02/06/2017).

Hari ini, ada dua warga miskin yang mendapatkan bantuan jamban adalah bapak Rafli (44) dan ibu Yusniar (54) seorang janda. keduanya merupakan petani yang mencari upah di sawah orang.

"Target penyerahan jamban totalnya 15 buah untuk warga yang masuk dalam kategori miskin di kecamatan Kluet Selatan, kami sudah cek dan data. hari ini ada 2 (dua) warga yang sudah mendapatkan bantuan jamban," ujar Danposramil 07/Kluet Selatan.

Danposramil Kluet Selatan Pelda Ervin Sormin menambahkan pemberian bantuan jamban ini supaya masyarakat dapat hidup dilingkungan bersih, selama ini mereka buang hajat ke sungai dan kemungkinan menggali lobang di belakang rumah.

Kegiatan ini sangatlah penting, selain membantu masyarakat miskin juga bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui pembangunan jamban untuk menciptakan lingkungan asri, bersih, sehat dan nyaman.

Babinsa koramil 07/Kluet Selatan yang berada di dua lokasi pembuatan jamban menyampaikan kami melakukan ini ikhlas, apalagi dibulan puasa, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Warga yang mendapatkan bantuan jamban dari Koramil 07/Kluet Selatan terlihat sangat senang dan gembira, tidak menyangka TNI begitu peduli terhadap masyarakat miskin.

"Saya tidak bisa membalas kebaikan bapak TNI, selama ini kami sangat susah buang hajat, harus ke sungai karena kami ga mampu buat jamban, ‘Terimong Geunaseh Ka neubantu kamo Rakyat jelata’ (Terima kasih banyak sudah membantu kami rakyat jelata-red)," ucap haru ibu Yusniar sambil memeluk salah seorang babinsa.

Kedepan, diharapkan program jambanisasi ini dapat terus berlanjut, pemerintah daerah agar melakukan kerja sama dengan TNI mewujudkan kesejahteraan masyarakat karena masih banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. "INI TANGGUNGJAWAB KITA BERSAMA, PEDULI RAKYAT MISKIN."[Haes]

Baca Juga