20 Peserta Wanita se-Abdya Dilatih Menjahit

ABDYA - Sebanyak 20 peserta wanita mengikuti pelatihan menjahit yang diselenggarakan Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di aula komplek perkantoran Pemkab setempat.

"Pelatihan wirausaha mandiri sub kejuruan menjahit dilangsungkan selama 40 hari dan diikuti 20 orang peserta wanita dari sembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya," sebut Rosita HS, S.Ag, MM, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kepada LintasAtjeh.com, Kamis (20/07/2017), di Blangpidie.

Menurutnya, kegiatan yang digelar sesuai dengan SK Bupati Aceh Barat Daya Nomor 84 tahun 2017, merupakan salah satu upaya pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya dalam meningkatkan sumber daya manusia yang mandiri, trampil dan tepat guna.

Selain itu, lanjutnya, 20 peserta yang dilatih selama sebulan lebih diharapkan mampu memanfaatkan ilmu serta juga menciptakan tenaga kerja yang trampil dan mandiri serta dapat menciptakan lapangan usaha dengan tujuan akhir dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Abdya.

"Peserta yang ikut merupakan keterwakilan tiap kecamatan itu, kita lengkapi dengan tas peserta, biaya trasportasi dan juga diakhir acara nanti akan kita berikan sertifikat pelatihan," ujar Rosita singkat.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Saiful Azhar, SE, dalam sambutan bupati yang dibacakannya menyebutkan kegiatan ini merupakan sebuah implementasi dalam memantapkan cita-cita untuk menjadikan home industri di Abdya sebagai salah satu sektor strategis untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

"Ini upaya pemerintah daerah untuk mengatasi jumlah pengangguran yang terus terjadi peningkatan dari hari ke hari dengan kegiatan pelatihan wira usaha mandiri, diharapkan ada perubahan angka tersebut," katanya.[ADI S]

Baca Juga