Apa? Panglima Dipiloti Kapten Irwandi!

SIMEULUE - Ada yang istimewa dengan perjalanan Irwandi Yusuf ke Simeulue pada Kamis 20 Juli 2017. Tak hanya menerbangkan pesawat sendiri, orang nomor satdi Aceh itu ikut menerbangkan Mualem, "Sang Panglima".

Eagle One yang dipiloti Irwandi itu mendarat mulus di Bandara Lasikin Simeulue jelang pukul 9.30 pagi. Jauh dari kesan pimpinan, Irwandi terlihat membereskan sendiri semua barang bawaannya. Mulai membuka bagasi pesawat, mengambil tas dan sepatu hingga kayu kecil penyangga ban pesawat. Petugas bandara kemudian mengambil dan meletakkan tepat dibawah tiga ban pesawat kecil itu.

Tiba di bandara, Irwandi menjemput Darwati, istrinya yang tiba dengan selisih 14 menit. Ia bertiga dengan Mualem kemudian jalan beriringan masuk ke ruangan VIP bandara, tempat dimana panitia telah menyediakan nasi gurih dan kopi.

"Kahei Mualem siat keuno," kata Irwandi pada Fotografer Humas Aceh. Ia menyuruh Zul memanggil Mualem. Saat itu panglima sedang ke kamar kecil. Irwandi tak menyentuh makanannya hingga mantan Wakil Gubernur Aceh itu tiba.

Muzakir Manaf yang akrab disapa Mualem merupakan bekas Panglima Militer Gerakan Aceh Aceh Merdeka saat daerah ini masih didera konflik. Meski berbeda jalur politik, keduanya berteman akrab. Mereka sering terlihat bersamaan, saling diskusi dan bersenda gurau. Dalam beberapa momen pelantikan bupati di Aceh, mereka juga duduk semeja mendiskusikan arah pembangunan Aceh ke depan.

Di Simeulue, Irwandi bersama Mualem hadir dalam rangka pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada Februari lalu.[Tim Irwandi]

Baca Juga