Babinsa Koramil 01/Tapaktuan Latih PBB Siswa SMAN 1

ACEH SELATAN - Dalam semboyan TNI disebutkan "Disiplin adalah nafasku". Sebab, disiplin adalah modal utama dalam melakukan setiap hal, baik dalam pekerjaan maupun melakukan ibadah. Terutama bagi generasi muda bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita menjadi negara bermartabat dan disegani. 

Untuk mewujudkannya, Babinsa Koramil 01/Tapaktuan Kodim 0107/Aceh Selatan berperan aktif untuk menanamkan kedisiplinan sejak dini kepada siswa siswi SMA Negeri 1 Tapaktuan dengan melakukan latihan baris berbaris (PBB) di lapangan upacara sekolah setempat, Sabtu (22/07/2017).

Tiga orang Babinsa Koramil 01/Tapaktuan, dipimpin Serka Indra Rahman dan didampingi Kopda Tedi Wihartono serta Kopda Engga langsung memberikan materi baris berbaris. Ratusan pelajar dibariskan berjajar lurus banjar dan saffnya di lapangan SMAN 1 Tapaktuan.

"TNI/Babinsa berupaya memberikan pengetahuan dan menerapkan kedisiplinan sejak dini bagi pelajar. Ini adalah dasar membentuk sikap mental dan karakter yang baik," ujar Serka Rahman.

Serka Indra Rahman menyampaikan bahwa latihan PBB ini dilatihkan dengan tujuan untuk membentuk sikap, mental, karakter dan pribadi yang disiplin untuk menghadapi setiap event serta persiapan perlombaan menjelang HUT RI ke - 72.

"Pertama kami memberikan contoh gerakan terlebih dahulu agar dapat dilihat dan diikuti oleh siswa siswi. Selanjutnya kita tinggal beri instruksi dan menilai gerakannya, jika masih salah akan kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar," ulas Kopda Tedi.

"Kami melatih PBB paling dasar yaitu berbaris yang benar dan rapi serta penghormatan. Selanjutnya gerakan ditempat, kalau sudah bagus akan kita tambah materi gerakan berjalan, bertahap bertingkat dan berlanjut," jelasnya lagi.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Kopda Tedi Wihartono mengatakan kegiatan ini juga untuk perlombaan antar sekolah SMA sederajat se-Kecamatan Tapaktuan.

"Perlombaan seperti gerak jalan santai, jalan indah dan latihan untuk penguatan fisik menghadapi upacara 17 Agustus nantinya. Supaya tidak ada yang tumbang, upacarapun berjalan hikmad," tutupnya.[Red]

Baca Juga