Camat Ingatkan Kades Lebih Transparansi Kelola Dana Desa

ABDYA - Camat Kecamatan Jeumpa Kabupaten Abdya mengajak semua kepala desa/gampong yang ada dalam wilayah kerjanya agar lebih terbuka dalam pengelolaan dana desa di gampong masing-masing. 

Hal tersebut dikatakan Camat Jeumpa H.T Nasrul, SKM, saat melakukan rapat koordinasi antara kepala desa, mukim dan camat setempat, Selasa (04/07/2017), di Jeumpa.

Menurutnya, tidak hanya soal anggaran yang kita ingatkan tetapi realisasi pogram yang sudah disepakati agar lebih dikebut pengerjaannya supaya serapan anggaran yang sudah diperuntukkan bagi sebuah program dapat tercapai sesuai waktu dan target pekerjaan.

“Kita sangat berharap keterbukaan dalam pengelolaan dana desa dan juga realisasinya. Kemudian dalam sepekan kedepan seharusnya semua desa di Kecamatan Jeumpa harus mempersiapkan laporan, namun ini akan berbanding terbalik jika aparatur desa lalai," ingat Nasrul.

Sambungnya, bukan hanya itu saja tetapi secara keseluruhan aparatur desa harus mampu membuka diri demi kemajuan desa tersebut. Hal ini tentu saja harus dilengkapi dengan struktur organisasi desa yang memadai, seperti pembentukan BUMG yang sampai saat ini belum jelas susunan pengurusnya. Ditambah lagi, anggaran, aset yang aktif dan tidak aktif semua itu harus memiliki data yang akurat.

Tambah Nasrul, jika itu semua tidak diindahkan oleh kepala desa maka sangat beresiko terhadap pembangunan desa itu sendiri karena semua pekerjaan memiliki aturan dan petunjuk teknis yang jelas.

Untuk itu, kita ingatkan agar kepala dan aparatur desa lainnya untuk terbuka soal anggaran dana desa dan mengerjakan pekerjaan yang lebih mendesak serta bermanfaat langsung terhadap masyarakat. Ditambah lagi menyusun dan melengkapi semua struktur organisasi dan yang tidak kalah pentingnya laporan realisasi anggaran bisa selesai tepat waktu.

“Saya yakin semua aparatur desa yang ada di Kecamatan Jeumpa pasti bisa berbuat yang terbaik untuk desa dan daerahnya. Semua itu butuh kerja keras dan sedikit perjuangan demi cita-cita yang mulia,’’ demikian sebut Nasrul kepada LintasAtjeh.com.[ADI S]

Baca Juga