Darwati: Bantu Promosikan Karya-Karya Perajin Lhokseumawe!

LHOKSEUMAWE - Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Aceh dan Tim Penggerak PKK Aceh, Darwati A Gani mengajak Dekranasda dan TP-PKK Lhokseumawe untuk membantu mempromosikan dan membuka pasar yang lebih luas bagi karya-karya para perajin agar gairah pengrajin untuk meningkatkan produksinya semakin meningkat.

Hal tersebut disampaikan Darwati dalam sambutannya seusai melantik Cut Ernita Suaidi sebagai Ketua Dekranasda dan TP-PKK Lhokseumawe masa bakti 2017-2022 di Aula Serbaguna Kantor Walikota Lhokseumawe, Rabu (12/07/2017).

"Kegiatan Dekranasda tidak hanya berkaitan dengan pelatihan dan peningkatan ketrampilan para pengrajin saja, tapi juga ikut membantu dalam mempromosikan dan membuka pasar yang lebih luas," kata Darwati.

Darwati mengatakan langkah Dekranasda untuk memajukan pengrajin lokal penting untuk ditingkatkan, mengingat di Kota Lhokseumawe banyak sentra-sentra kerajinan rakyat yang karya-karyanya sudah mulai dikenal secara nasional.

"Jika kita mampu meningkatkan hasil kerajinan tersebut, berarti kita tidak hanya mampu mendorong pendapatan keluarga, tapi turut pula berperan melestarikan budaya daerah," ujar Darwati.

Cut Ernita, kata Darwati, bukanlah orang baru dalam struktur organisasi PKK dan Dekranasda Kota Lhokseumawe, sebab beliau sudah berpengalaman memimpin organisasi ini pada periode yang lalu.

Untuk itu, Darwati berharap di masa kepemimpinan periode kedua ini, PKK dan Dekranasda Kota Lhokseumawe semakin meningkatkan kiprahnya dalam mendukung program pemerintah di bidang Kesejehteraan keluarga dan meningkatkan produksi dan produktivitas hasil kerajinan daerah.

Pada kesempatan tersebut, Darwati juga mengajak Tim Penggerak PKK Kota Lhokseumawe agar tidak hanya fokus pada pengembangan program peningkatan ekonomi dan kesehatan keluarga saja, tapi juga menyentuh hal-hal yang berkaitan dengan akhlak dan budi pekerti.

Hal ini menurut Darwati, agar pembinaan yang dijalankan mampu meningkatkan pemahaman spritual sebagai pendukung bagi upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

Darwati juga berpesan agar Dekranasda dan TP-PKK Lhokseumawe membantu tim kerja yang kompak, supaya pelaksanaan berbagai kegiatan berjalan dengan lancar.

"Mulailah kegiatan dengan melakukan evaluasi terhadap tentang progam-program periode sebelumnya, sehingga akan diketahui mana yang perlu ditingkatkan dan mana yang perlu mendapat perbaikan," kata ujar Darwati seraya berharap   agar setiap program yang dijalankan bersinergi dengan program Pemerintahan Kota agar mampu memberi daya dorong yang kuat bagi perubahan di lapangan.

Sementara itu, Walikota Lhokseumawe selaku Pembina Dekranasda dan TP-PKK Lhokseumawe, Suaidi Yahya, menyampaikan Ibu-Ibu PKK tidak hanya berperan mengurus rumah tangga tapi juga harus berperan aktif dalam pembangunan.

Pengurus Dekranasda dan TP-PKK kata Suaidi memahami program-program Dekranasda dan TP-PKK sehingga mampu berperan secara aktif dalam berbagai bidang pembangunan.

"Peran serta itu dapat diwujudkan dengan membantu Pemerintah dalam hal mengurangi kemiskinan, seperti memberikan pelatikan dan keterampilan kepada ibu-ibu di wilayah Kota Lhokseumawe   agar mampu berkarya," ujar Suaidi.

"Saya berharap Pengurus Dekranasda dan TP-PKK Lhokseumawe dapat memberikan bimbingan kepada masyarakat agar mampu menata kehidupan yang lebih baik," tandasnya.[Rls] 

Baca Juga