Darwati Lantik Ketua PKK dan Dekranasda Pidie

PIDIE - Ketua PKK dan Dekrasda Aceh, Darwati A. Gani melantik Syarifah sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kabupaten Pidie di Gedung Pertemuan kabupaten setempat, Senin (17/07/2017).

Dalam arahannya, Darwati mengatakan gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional daerah (Dekranasda)  memiliki peran strategis dalam dinamika aktivitas sosial kemasyarakatan di Indonesia.

“Sebab kegiatan PKK dan Dekranasda mampu memberikan kontribusi dalam mendukung percepatan pembangunan, terutama dalam bidang pemberdayaan keluarga,” kata Darwati.

Darwati juga menjelaskan bahwa, kehadiran Ketua PKK yang baru ini sangat diharapkan dapat berperan mendorong agar program-program pembinaan keluarga tersebut dapat berjalan lebih optimal didaerah ini. 

“Sejalan dengan itu, Dekranasda juga perlu mendorong kerajinan rakyat daerah agar mampu berbicara di tingkat global,” jelasnya. 

“Apalagi kita ketahui bahwa Pidie termasuk salah satu sentral kerajinan rakyat Aceh yang sudah banyak dikenal di tingkat nasional,” imbuhnya.

Lanjut Darwati, hasil kerajinan Pidie itu diantaranya, tenun benang sutra, berbagai jenis anyaman tikar, kerajinan bordir serta beragam pernak pernik ukir bunga yang sangat mengagumkan. Dalam berbagai pameran kerajinan nasional, kerajinan asal Pidie paling sering ditunjuk mewakili Aceh, tentu saja semua ini merupakan prestasi yang perlu kita tingkatkan di masa mendatang.

Pada kesempatan itu, istri Gubernur Aceh itu juga mengharapkan bahwa PKK dan Dekranasda harus mampu membuktikan diri untuk terus berbuat bagi masyarakat dalam menjalankan program kesejahteraan keluarga dan pembinaan kerajinan rakyat. Oleh karena itu, pengurus PKK dan Dekranasda diminta harus siap tampil sebagai agen informasi dan agen pembaharu dalam pembangunan daerah.

“Guna mendukung itu semua, kita harus senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta sikap mental agar dapat mengikuti perkembangan zaman sesuai harapan masyarakat. Harapan inilah yang perlu diwujudkan oleh Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Pidie dibawah kepemimpinan ketua yang baru ini,” pesan Darwati.

“PKK dan Dekranasda harus dapat mengambil peran dalam menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta kasus kekerasan seksual terhadap anak,” tegasnya.


Di akhir sambutannya, Darwati  juga mengucapkan terimakasih kepada Ibu Rohana Razali, S.TP atas pengabdiannya selama lima tahun terakhir ini. Dan kepada  Ibu Syarifah Binti Ahmad, yang telah resmi mendapat amanah sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Pidie, kami ucapkan selamat bekeja. Semoga Allah SWT senantiasa memberi ridha dan perlindungan-Nya kepada kita semua.[Rls]

Baca Juga