Hadian dan Dinda Puspa Wakili Aceh di Lomba Diskusi PCTA Nasional

BANDA ACEH - Akhirnya, Hadian Utama dan Dinda Puspa Vidya, keduanya adalah pelajar SMA Negeri 4 Banda Aceh, berhasil keluar sebagai juara pada lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2017 tingkat provinsi Aceh.

Untuk diketahui, lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) ini diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melalui Perwakilan Pelaksana Tugas Pokok (PPTP) Ahanan Provinsi Aceh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Aceh, Sabtu (22/07/2017) kemarin, di Grand Aceh Syari'ah Hotel, kawasan Lamdom, Bathoh, Banda Aceh dan dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Syaiba Ibrahim atas nama Gubernur Aceh.

Berhasil menjadi juara ditingkat provinsi, membuat Hadian Utama dan Dinda Puspa Vidya akan mewakili Provinsi Aceh pada lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat nasional di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, di Jakarta.

Keberhasilan putra-putri asal Aceh ini, menambah daftar sederet nama baik Provinsi Aceh dikancah nasional. Apalagi, untuk memperoleh nilai terbaik kedua remaja ini harus mengalahkan sejumlah rivalnya pada ajang tersebut.

Sebagaimana diketahui, lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2017 tingkat Provinsi Aceh ini diikuti oleh 34 tim dari masing-masing Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 34 tim dari Perguruan Tinggi Negeri dan swasta di Provinsi Aceh.  

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M,Si, mengapresiasi peserta didik yang telah mengikuti lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat provinsi Aceh tahun 2017 ini. Kepada pemenang ia meminta agar tidak larut dengan rasa gembira.

"Bagi pemenang lomba ini, masih ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Apalagi, event tingkat nasional lebih berat lagi dari yang diikuti ditingkat daerah. Oleh karenanya, perlu kesiapan yang lebih giat dalam melakukan pembinaan kepada utusan dari Aceh," katanya.

Pihaknya juga mengintruksikan agar dalam pembekalan terhadap putra-putri yang menjadi perwakilan Aceh di lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat nasional, harus membekali lebih bagus lagi dan mampu mengantongi nilai seratus.

Begitupun, bagi yang belum berhasil menang pada lomba yang digelar ini, ia juga turut mengapresiasi, bahwa inilah persaingan. Dimana setiap perlombaan hanya satu dapat juara, untuk itu ia meminta agar tetap terus berlatih dalam rangka persiapan ditahun berikutnya.

"Tetaplah berlatih walaupun belum mendapat juara pada event yang diselenggarakan tahun ini. Nah, ketika dipanggil oleh panitia di tahun mendatang, peserta sudah sangat siap menjadi sang juara," ujar Laisani.

Sebelumnya, Pejabat Perwakilan Pelaksana Tugas Pokok (PPTP) Ahanan Provinsi Aceh yang juga Kepala Kantor Pertahanan Provinsi Aceh, Marsekal Pertama TNI, Eris Widodo Y, SE, MT (Han), mengatakan pemenang atau juara I tingkat provinsi maupun perguruan tinggi akan diberangkatkan ke Jakarta, guna mengikuti lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat nasional di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, di Jakarta.

"Materi lomba tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini terdapat penilaian bakat/keterampilan. Sehingga, peserta lomba tidak hanya dituntut mampu menjawab pertanyaan dari moderator tentang materi pengetahuan umum. Namun juga dinilai kemampuan bakat/keterampilannya dibidang sain, teknologi, seni dan budaya, olahragha dan lainnya," sebutnya.

Ia menjelaskan, lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2017 tingkat Provinsi Aceh ini untuk memperoleh gambaran tentang besarnya minat dan perhatian generasi muda, pemerintah daerah dan tenaga pendidik di seluruh wilayah Aceh, tentang pentingnya kesadaran bela negara serta nasionalisme.

"Peserta lomba ini nantinya akan menjadi alumni PCTA di provinsi Aceh, yang saat ini sudah berjumlah 408 orang dan setiap tahunnya para alumni diadakan kegiatan pembinaan alumni PCTA berupa kegiatan yang berimplementasi pada bela negara dan cinta tanah air," terangnya.

Berikut ini daftar Juara lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2017 tingkat Provinsi Aceh :

Juara I : SMA Negeri 4 Banda Aceh 

Juara II: SMA Unggul Aceh Selatan

Juara III: SMA Putra Bangsa Lhoksukon/Aceh Utara

Juara IV: SMA Modal Bangsa Arun/Lhokseumawe

Juara V: SMA Negeri 10 Fajar Harapan/Banda Aceh

Juara VI: SMA Negeri 2/Banda Aceh

Juara VII: SMA Negeri 1 Bukit/Bener Meriah

Juara VIII: SMA Negeri 1 Idi/Aceh Timur
[Rls]

Baca Juga