ISSI Aceh Besar Serius Hadapi PORA 2018

ACEH BESAR - Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Aceh Besar serius memastikan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII/2018.

"Sebagai persiapan, kita dalam pekan depan segera melakukan pertemuan dengan pengurus ISSI Provinsi Aceh menanyakan teknis pelaksanaan dan kepastian nomor yang dipertandingkan di PORA nanti, " kata Ketua Umum Pengkab ISSI Aceh Besar,  Zulfahmi disela-sela acara halalbihalal pengurus dan atlet di House Room Suatu Cofee di Lampeuneurut, Aceh Besar, Minggu (16/07/2017).

Zulfahmi lebih lanjut menyebutkan sebagai kesiapan menghadapi PORA mengetahui persiapan track (lintasan lomba), peralatan, perlengkapan dan persiapan atlet. Selain itu, akan memastikan atlet yang dipersiapkan berpotensi meraih medali di semua nomor yang dipertandingkan.

Sebagai kesiapan, ISSI Aceh Besar juga sudah menyiapkan rancangan kebutuhan, program dan atlet. "Kita bertekad meraih medali di PORA nanti," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Aceh Besar, Yusran Asnawi S.Pd, M.Pd, yang didampingi Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Ir. Abdul Haris, MT, yang hadir dalam kesempatan yang sama memberikan gambaran dan penjelasan persiapan Aceh Besar sebagai tuan rumah penyelenggara PORA.

Yusran mengatakan bahwa Aceh Besar sebagai peserta dan penyelenggara. Selain atlet sebagai peserta, diharapkan banyak pengurus cabang olahraga Aceh Besar terlibat sebagai panitia dan wasit. Termasuk pengurus ISSI bisa terlibat sebagai pelaksana, panitia dan wasit.

Untuk itu, ia meminta pengurus cabang olahraga sepeda menyiapkan atlet dan berkoordinasi dengan ISSI Provinsi Aceh menyangkut teknis pelaksanaan dan memastikan nomor yang dipertandingkan. "Bangun komunikasi dengan Pengprov ISSI Aceh," pintanya.

"Selain Pelatda, kita juga akan menggelar kejuaraan provinsi (Kejurprov) cabang olahraga, sebagai persiapan atlet. Kita optimis dapat melaksanakan Pelatda," ungkap Yusran.

Sebagai persiapan PORA, sebutnya,  KONI Aceh Besar akan melakukan tes awal menyangkut kondisi fisik atlet semua cabang olahraga, 19-20 Juli mendatang. Sedangkan pemusatan latihan daerah (Pelatda) akan dimulai awal Agustus 2017.

Wakil Ketua Binpres KONI Aceh Besar, Abdul Haris menambahkan supaya ISSI bisa juga memetakan kekuatan dan jumlah atlet masing-masing nomor di semua kabupaten/kota. "Ini penting untuk mempersiapkan atlet dan mengetahui nomor yang bisa atau tidak dipertandingkan di PORA," jelasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 29 cabang olahraga akan dipertandingkan di PORA. Setiap cabang akan dipertandingkan jika ada pengurus di 12 kabupaten/kota. Nomor atau kelas yang dapat dipertandingkan yang ada di cabang olahraga bila diikuti lima kabupaten/kota.

Sementara diakhir pertemuan tersebut, Ketua ISSI Aceh Besar, Zulfahmi menyerahkan rancangan kebutuhan, program dan atlet  sepeda untuk persiapan PORA kepada Sekum KONI Aceh, Yusran Asnawi.[DW]

Baca Juga