Jurusan Fisika Unimed Jajaki Kerjasama International dengan Kampus Arab Saudi

MEDAN Setelah sukses menjadi prodi yang pertama terakreditasi 'A' di luar pulau Jawa, Jurusan Fisika FMIPA Unimed membuat gebrakan inovatif dengan membangun kerjasama Internasional dengan kampus luar negeri Jazan University, Saudi Arabia.

"Saat ini jurusan Fisika Unimed harus sudah berbicara pada tataran internasional untuk menjawab tantangan akreditasi bahwa untuk Tridarma perguruan tinggi yang meliputi penelitian, pengabdian dan pengajaran harus sudah menjalin hubungan dengan kampus-kampus yang ada di luar negeri," ungkap Alkhafi Maas Siregar, Ketua Jurusan Fisika, Sabtu (22/07/2017), di Laboratorium Fisika Material Universitas Negeri Medan.


Dituturkan Khafi, kegiatan penjajakan kerjasama dengan Jazan University dibingkai dengan kegiatan Diskusi Ilmiah yang dihadiri Oleh Associate Professor Physics Departement, Faculty of Science, Jazan University  Saudi  Arabia  Dr. Sabar D. Hutagalung, M.Sc., Ph.D, Ketua Jurusan Fisika Unimed Dr. Alkhafi Maas Siregar, M.Si, Sekertaris LPM Unimed Muhti Hamjah, M.Si serta diikuti Dosen dan mahasiswa se-jurusan Fisika.

Topik diskusi meliputi bidang material sains dan teknologi nano yang saat ini sangat berkembang pesat. Hal itu berkaitan dengan interes peneliti, peralatan yang tersedia maupun pemanfaatannya. 

Adapun sub bidang terkait antara lain semiconductors, Thin Films Technology, Nanostructured Materials (Nanoparticles, nanowires,  nanorods, quantum dots), Nanodevices Fabrication (AFM Lithography) dan Electroceramics/Electro-Active Ceramic Materials (High-k dielectrics, ferroelectrics, magnetoresistance).

Dr. Sabar D. Hutagalung memaparkan berbagai proyek eksperimen terkait dengan reka bentuk dan fabrikasi menggunakan AFM Lithography, yang dapat juga didukung melalui simulasi. Beliau menjelaskan bahwa Silikon nanowires. Misalnya, mempunyai potensi aplikasi yang sangat luas pada bidang biosensor dan biomedical, Antireflection layer, Photosensitive device, Solar cells, DSSC dan lainnya.

Pada Electroceramics Projects meliputi CaCu3Ti4O12 (CCTO), CaCu3Mn4O12 (CCMO), dan EMI Shieldieng Materials (Cement-based) yang terkait dengan High dielectric constant, up to105, Good temperature stability from 100 to 600K. Potensi aplikasi pada Microelectronic and Microwave devices (e.g. Capacitor, Dielectric Resonator Antenna) serta meningkatkan serta meningkatkan nilai dielectrik bahan.

Mahasiswa sangat antusias berinteraksi, tentang informasi baru maupun solusi tentang masalah penelitian pada bidang terkait. Inspirasi dan pengembangan penelitian yang selama ini dilakukan sangat menarik bagi Dosen yang terlibat.

Dosen internasional asli suku Batak tersebut menuturkan bahwa, peralatan penelitian yang saat ini di jurusan Fisika FMIPA Unimed sangat berpotensi untuk ikut mengembangkan bidang material sains dan teknologi nano. Sinergi antar dosen dengan dosen, baik pada satu jurusan, antar fakultas maupun universitas maupun keterlibatan mahasiswa menurut beliau sangat diperlukan.

Kerjasama dengan pihak-pihak pendidikan diluar negeri dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi sebuah keniscayaan untuk memajukan universitas. 

"Karena mau tidak mau saat ini semua karya ilmiah harus publish dan dapat diakses oleh seluruh penjuru dunia," papar dosen yang melanglangbuna di berbagai negara tersebut.[Rls]

Baca Juga